Rabu , September 28 2022

Cara Agar Tidak BAB Di Pagi Hari

Cara agar tidak BAB di pagi hari sebenarnya akan sulit untuk sobat lakukan, karena hal ini menyangkut dengan siklus. Buang Air Besar (BAB) di pagi hari merupakan sebuah kebiasaan yang memang dilakukan oleh setiap orang. Bisa dibilang pagi hari adalah cocok untuk membuang sisa-sisa makanan yang telah dicerna seharian kemarin. Namun karena ini dianggap sebagai kebiasaan yang baik, bisakah kita mengubahnya? Gookalian akan membahasnya untuk sobat.

Cara Agar Tidak BAB Di Pagi Hari

Menurut banyak sumber dari berbagai ahli mengatakan bahwa buang air besar di pagi hari merupakan kebiasaan yang sehat. Idealnya di pagi hari dilakukan karena kontraksi pada usus besar paling kuat pada saat itu. Tentunya akan sulit mengubah kebiasaan yang menjadi siklus alami pada tubuh ini. Istilahnya kita harus melakukan “Kalibrasi Jam Usus Besar” atau Calibrate Your Colon Clock seperti dalam situs lifehacker. Berikut ini beberapa cara agar tidak BAB di pagi hari:

Membiasakan Menahan BAB Di Pagi Hari

Salah satu cara untuk melakukan kalibrasi jam usus besar adalah menahan berak di pagi hari. Kebiasaan ini mungkin akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa nyaman. Selanjutnya jika di siang hari ketika sobat merasa ingin BAB, inilah saat yang tepat untuk mengubah kebiasaan usus besar jadi tidak seperti biasanya. Ketika ada rasa sedikit ingin BAB karena pagi hari tidak kesampaian, maka hal ini juga harus dibiasakan.

Baca Juga!  Olahraga Yang Cepat Menurunkan Berat Badan Untuk Wanita

Menggunakan Makanan Untuk Memindahkan Jadwal BAB

Salah satunya adalah makanan pedas yang mungkin berlebihan ditambah minum air putih banyak dapat menyebabkan sobat bisa BAB setelah beberapa jam menyantapnya. Begitupun sobat mungkin agak sensitif pada makanan tertentu yang membuat ingin segera BAB bahkan setelah memakannya. Kacang-kacangan dan pepaya juga merupakan makanan yang bisa memperlancar BAB. Atau makanan lain yang ketika sobat memakannya bisa mengubah jadwal BAB.

Menggunakan Obat Pencahar Dan Sejenisnya

Setelah menahan BAB seperti cara pertama agar tidak BAB di pagi hari. Selanjutnya menggunakan obat pencahar yang mungkin sobat butuhkan untuk memaksa agar BAB terjadi. Hal ini tidak bisa dilakukan satu kali saja. Namun perlu dilakukan beberapa kali hingga kebiasaan BAB berubah. Merubah kebiasaan ini mungkin tidak direkomendasikan.

agar tidak bab di pagi hari

Hubungi dokter apabila memang benar siklus BAB di pagi hari tidak bisa dilakukan. Atau sobat harus benar menghilangkan kebiasaan BAB di pagi hari karena pekerjaan atau kondisi tertentu. Yang paling penting sobat harus melakukan siklus BAB harian karena ini tanda bahwa pencernaan sobat lebih sehat.

Pencegahan Agar Tidak BAB Di Pagi Hari

Di malam hari tidak disarankan untuk makan banyak. Bila perlu mungkin 12 jam sebelum pagi hari tidak mengkonsumsi makanan apapun. Hanya air putih saja mungkin dapat menghilangkan rasa ingin BAB hasil pencernaan di malam hari. Hindari makanan yang dapat memicu BAB lancar mungkin juga bisa menjadi alternatif. Makanan kurang serat memang kurang sehat tapi untuk tujuan agar sobat bisa menahan BAB pada pagi hari.

Tips Lainnya

Berikut ini beberapa hal yang bisa sobat terapkan sebagai cara agar tidak BAB di pagi hari dari beberapa sumber yang dirangkum:

  • Gunakan kamar mandi diluar jam pagi hari
  • Sesuaikan jadwal makan serat untuk jam yang berbeda dari biasanya
  • Minum kopi atau sarapan lebih siang untuk menghindari perasaan ingin BAB
  • Menahan BAB kemudian mengeluarkannya di waktu lain dengan memaksa (kurang direkomendasikan)

Check Also

Cara Minum Bak Foong Pills

Cara Minum Bak Foong Pills

Sobat mungkin belum banyak mengetahui cara minum Bak Foong Pills. Ramuan tradisional yang dikemas dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.