Rabu , September 28 2022

Kelemahan Ruang Kedua Android Perlu Sobat Tahu

Pernahkah sobat mengetahui kelemahan ruang kedua Android? Fitur ini memungkinkan kamu memiliki 2 ponsel sekaligus. Ruang pertama yaitu ponsel sobat saat itu berisi file, aplikasi, dan pengaturan sendiri. Ruang kedua merupakan ruangan kosong seperti layaknya ponsel masih baru. Yaitu file, aplikasi dan pengaturannya bisa berbeda.

Jadi isi file dan pengaturan pada ponsel baik pada ruang pertama dan ruang kedua bisa jauh berbeda. Biasanya ruang kedua di hp digunakan untuk tujuan lain seperti memiliki beberapa aplikasi yang sama berjalan dalam satu ponsel. Namun dibalik kelebihannya, terdapat beberapa kekurangan dalam penggunaan ruang kedua atau Second Space di hp Android. Gookalian akan mengulasnya untuk sobat.

Kelemahan Ruang Kedua Android

Bahkan pada ponsel Android, sobat bisa beralih dari satu ruang ke ruang yang lainnya dengan sekali klik saja. Memungkinkan beralih aplikasi satu ke aplikasi lain yang sama dengan mudah. Kemudahan ini mungkin memiliki konsekuensi yaitu memiliki kelemahan. Berikut ini kekurangan ketika sobat menggunakan ruang kedua pada ponsel:

ruang kedua memiliki kekurangan gookalian

Penyimpanan Menjadi Sempit

Ketika ruang kedua diaktifkan, maka dapat kita asumsikan bahwa ponsel akan menjadi 2 bagian. Termasuk penyimpanan yang ada didalamnya akan dibagi sesuai dengan masing-masing ruang. Hal ini akan membuat penyimpanan menjadi lebih sempit. Karena sistem akan memblokir sejumlah penyimpanan yang memang digunakan pada ruang kedua.

Lebih pada kearah penyimpanan menjadi kurang optimal bisa kita gunakan. Misalkan penyimpanan pada ruang kedua itu juga mencantumkan beberapa data aplikasi bawaan yang menjadi dobel. Jadi seharusnya ruang yang kedua ini berisi aplikasi dan data yang kita inginkan saja, namun masih ada tambahan file dari sistem.

Penyimpanan tidak hanya terbagi menjadi dua, namun file sistem juga akan ditambahkan ke ruang kedua. File dan aplikasi sistem memang membuat kinerja pada ruang kedua seperti layaknya ruang pertama yang serba bisa. File yang tetap ada seperti biasa ini tidak bisa dihilangkan dan menambah penyimpanan tidak terpakai.

Performa Menjadi Lambat

Salah satu kelemahan ruang kedua android selanjutnya adalah ponsel jadi lemot. Benar sekali memang kita dapat berpindah dari ruang satu ke ruang yang lainnya hanya dengan sekali ketukan. Tapi ini akan membuat ponsel menjadi tidak sekencang jika hanya menggunakan 1 ruang. Kemampuan RAM, Chipset dan GPU pada ponsel akan terbagi untuk ruang pertama dan kedua. Jika dipaksa pada salah satu ruang untuk kinerja berat, ponsel bisa hang.

Memang awal penggunaan tidak ada permasalahan. Seiring berjalannya waktu, bertambah aplikasi dan file pada kedua ruang akan membuat ponsel jadi lemot. Aplikasi yang sama-sama berjalan di latar belakang akan bertambah sehingga membuat ponsel jadi lemot. Ini juga merupakan kelemahan ruang kedua Android.

Baterai Lebih Boros

Menjalankan 2 file sistem dalam satu ponsel akan menguras lebih banyak tenaga baterai. Ini terjadi ketika ruang kedua Android diaktifkan, seperti halnya membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Aplikasi di ruang kedua menggunakan sumber daya tambahan karena telah dibuat. Daya yang digunakan akan lebih banyak karena ruang kedua begitu mudah diakses dan mudah untuk berpindah antar keduanya.

Tidak Kompatibel Pada Semua Ponsel

Terutama pada ponsel yang telah menggunakan sistem operasi Android 11 sebagai kelemahannya. Ponsel sobat mungkin tidak lagi memiliki fitur Second Space. Dikarenakan keamanan yang dimiliki oleh ponsel ini berbeda dengan sistem yang lawas. Dengan menambah ruang kedua berarti menambah sistem penyimpanan lagi. Hal ini akan sulit diterapkan pada OS ini karena tingkat keamanan pada penyimpanan sudah berbeda lagi.

Adapun tambahan beberapa kelemahan ruang kedua android yaitu: suhu ponsel jadi panas, restart jadi lebih lama, aplikasi di ruang kedua jadi mudah menutup sendiri, aplikasi tidak bisa digunakan meskipun di ruang kedua, dan masalah lainnya. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk sobat lebih berhati-hati dalam menggunakan fitur pengganda ruang Android.

Baca Juga!  Cara Mematikan Auto Update Windows 10

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.