Cara Kurangi Makanan Olahan Kurang Sehat

cara kurangi makanan olahan

Sobat butuh beberapa cara kurangi makanan olahan karena bahan yang terkandung di dalamnya kurang sehat jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Meskipun makanan kaleng, buah yang dikalengkan, manisan dan sejenisnya cukup praktis untuk dimakan. Makanan tersebut kurang direkomendasikan dikonsumsi sering-sering akibat zat pengawet dan pewarna yang dikandungnya berbahaya untuk kesehatan. Lalu bagaimana tips dalam menguranginya?

Cara Kurangi Makanan Olahan Kurang Sehat

Ada beberapa tips dari Gookalian untuk sobat memulai mengurangi makanan olahan. Berikut diantaranya:

Menukar Barang Belanjaan

Makanan olahan sangat mudah sobat temukan di supermarket. Biasanya untuk stok makanan jangka panjang. Karena bisa bertahan untuk waktu yang lama. Tapi ada bahan makanan lain yang punya sifat tahan lama juga bahkan tanpa bahan pengawet.

Yaitu dengan menukar kaleng berisi makanan olahan dengan biji-bijian utuh. Misalnya gandum, nasi merah, kacang-kacangan yang dikemas kedap udara bisa bertahan selama berbulan-bulan. Jenis bahan makanan ini memang akan memperlama proses pemasakan sebelum bisa hadir di piring kita. Tapi setidaknya bisa mengurangi kandungan kimia makanan kaya proses agar tidak masuk ke tubuh.

Makan Camilan Sehat Untuk Cara Kurangi Makanan Olahan

Makanan ringan berupa cemilan ketang, singkong, dan makanan kaya perasa buatan tidak sehat untuk tubuh. Lebih lagi kalau dikonsumsi dalam batas yang tidak wajar. Mulailah mengurangi asupan pengawet, pewarna, dan perasa dengan membuat camilan sendiri. Yaitu dengan menggantinya jadi buah-buahan dari kebun sendiri. Dibuat asinan atau manisan dengan bahan dapur sendiri lebih terlihat keamanannya.

Sayur, buah, kacang-kacangan, umbi-umbian bisa ditanam sendiri dengan keluarga sebagai upaya untuk mengurangi sampah juga. Karena makanan olahan akan meninggalkan sisa bungkus yang bisa jadi masalah sampah jika tidak dikelola dengan benar. ()

Membiasakan Tidak Ngemil

Ini mungkin cukup sulit untuk sobat lakukan yaitu mengubah kebiasaan makan ringan. Adapun bisa dicoba dengan mengganti makan tersebut jadi minum air putih yang banyak. Selain asupan air akan tercukupi, tidak ada tambahan sampah lagi jika konsumsi air rebusan sendiri. Ini akan mengenyangkan perut dan lebih segar menghadapi hari.

Ubah Kebiasaan Belanja

Jika terbiasa berbelanja beberapa bulan sekali, baiknya mulai diubah menjadi lebih sering. Dengan membeli sayur (buah, kacang), bahan lebih sehat namun juga lebih cepat rusak ini bisa mengubah cara berbelanja sobat. Lama waktu berbelanja menentukan isi kantong belanjaan yang kalau cukup lama, sudah pasti membeli makanan kalengan.

Itulah beberapa tips kecil dalam mengubah pola atau kebiasaan membeli makanan ringan atau olahan. Dengan memulai kebiasaan baik, tujuan jangka panjangnya adalah kesehatan tubuh sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *