Rabu , September 28 2022

Cara Jadi Importir Alibaba Beserta Syaratnya

Dengan kemajuan teknologi komunikasi sekarang ini, cara jadi importir Alibaba bukanlah hal yang sulit bagi sobat. Perlu sobat tahu bahwa Tiongkok tempat lahirnya situs Alibaba merupakan pusat barang yang sangat murah. Menjadi situs yang langsung menghubungkan pembeli dengan suppliernya membuat mereka punya harga yang sangat menarik. Sudah pasti sobat ingin menjual kembali barang yang dikulak dari sana. Belajar jadi importir barang dari negeri adidaya tersebut bisa menjadi peluang mendapatkan pundi-pundi tambahan dalam berbisnis.

Sebut saja seperti halnya usaha pakaian bekas yang pernah admin Gookalian bahas. Dengan modal yang lebih rendah, sobat bisa mengimpor berton-ton baju bekas dari luar negeri tapi branded. Itupun masih perlu dipilah lagi karena datang dalam bentuk kontainer peti kemas. Untuk dijual kembali pun yang masih bagus bisa menutup biaya impor dan masih mendapatkan keuntungan kok. Contoh kecil ini juga bisa menjadi cara reseller Alibaba atau menjual kembali barang baru.

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Importir Dari Alibaba

Sekilas dengan mengunjungi situs Alibaba, kita bisa dengan mudah membeli barang layaknya belanja di toko-toko online biasa di Indonesia. Namun sobat tidak hanya akan membeli begitu saja barang dari lokal. Melakukan impor berarti membeli barang dengan jumlah tertentu lintas negara. Pasti dibutuhkan pemahaman tentang pajak bea cukai, jumlah barang, bagaimana sistem belanja di Alibaba dan lain sebagainnya. Maka d0ari itu berikut ini perlu sobat pahami yang masuk dalam tata cara menjadi importir di Alibaba:

Baca Juga!  Cek Pinjol Ilegal Via Whatsapp

Menemukan Penjual Terpercaya

Sobat akan menemukan dua jenis perusahaan, satu Pabrik (Factory) yang memang memiliki barang dan memproduksinya dan dua perusahaan penjual (Trading Company) sebagai orang penengah atau pihak kedua yang menjual kembali barang dari Pabrik. Jadi keduanya ini harus sobat pahami dahulu.

Kemudian melihat informasi tentang pengalaman si penjual sebelumnya dalam hal mengirim barang lintas negara. Selanjutnya hubungan yang akan dicapai dengan penjual itu seperti apa harus ditentukan sejak awal oleh sobat. Hingga berapa lama kerjasama akan dilakukan dengan mereka. Karena hal ini menyangkut dengan barang import dengan jumlah besar. Jika hubungan dilakukan dengan baik, sobat dan dan si perusahaan bisa saling menguntungkan.

Penilaian terhadap produk maupun perusahaan harus diperhatikan, beberapa poin tersebut yaitu:

  • Harga
  • Jumlah komentar (Review)
  • Jumlah nilai positif yang dimiliki
  • Lama waktu perusahaan telah nangkring di Alibaba
  • Minimal pemesanan
  • Gold Supplier sebagai tanda bahwa sudah terverifikasi oleh agensi pihak ketiga

Sebelum membeli dalam jumlah banyak, sobat bisa belajar jadi importir dengan membeli barang sejumlah tertentu (sedikit). Sampel ini akan digunakan untuk penilaian terhadap kualitas produk yang dihasilkan.

Struktur Bisnis Milik Sobat

Sebagian besar dagangan di Alibaba dijual dalam jumlah besar. Umumnya mereka menjual barang ke seorang dengan perusahaan. Fungsi Wholesale tidak diperkenankan untuk dibeli oleh perseorangan yang tidak punya perusahan. Ada jumlah minimal yang harus diimpor. Setidaknya sobat memiliki bisnis online sendiri atau sebagai perusahaan pribadi dengan perizinan yang jelas.

Parameter Lain Yang Perlu Dipahami

Selain beberapa hal yang perlu diketahui diatas, sebelum menerapkan cara jadi importir Alibaba. Ada baiknya perhatikan hal dibawah ini juga:

Baca Juga!  Arti Leverage Ratio Menilai Apakah Cocok Investasi
  • Perjanjian pasokan dan manufaktur (berhubungan dengan kontrak)
  • Trade Mark (mau menjual barang kembali dengan merek sendiri atau dari sana)
  • Pajak impor
  • Pajak barang tertentu
  • Mencari supplier yang tepat

Langkah Cara Jadi Importir Alibaba

Setelah mengetahui berbagai hal dasar soal membeli barang dengan impor diatas, selanjutnya memulai untuk membeli barang dari Alibaba dengan langkah:

Mendaftar Akun Alibaba

Dengan mengunjungi alibaba.com lakukan pendaftaran akun disana. Menggunakan email kemudian isi informasi yang sesuai. Jangan lupa untuk mengubah tujuan negara menjadi Indonesia. Lengkapi informasi pendaftaran dengan verifikasi Email. Selanjutnya lengkapi metode pembayaran hingga semuanya sudah siap.

Mulai Mencari Produk Yang Diinginkan

Setelah sobat memiliki akun, bebas untuk mencari produk layaknya ketika sobat melihat daftar belanjaan di toko online yang terkenal di Indonesia. Cek informasi barang, minimal pesan, jenis, dan tentunya reputasi sang penjual.

Lebih mudah menggunakan tombol Search agar pencarian bisa lebih mudah. Jika sobat hanya mencari barang saja itu tidak cukup, perlu mencari pemasok yang akan membantu mengirim barang via laut, udara ataupun darat. Cek kredibilitas pemasok dengan melihat bintang, review dan jumlah pengalaman yang telah dilakukan.

Apabila sobat tidak dapat menemukan barang yang dimaksud, maka akan muncul daftar supplier. Cara jadi importir Alibaba dengan mencari supplier yang benar-benar memberikan barang sesuai dengan kriteria sobat. Supplier yang cocok dengan produk perlu dipertimbangkan. Supplier khusus pada barang tertentu akan memiliki barang yang lebih murah. Konfirmasi syarat sertifikasi produk yang penting sobat pelajari dan mereka harus punya ini (meskipun akan jarang ditemukan)

Bertanya Informasi Penting

Penting untuk mendapatkan informasi seluas-luasnya via chat yang disediakan disana. Untuk mendapatkan data yang lebih valid dan lengkap dari penjual atau perusahaan. Untuk supplier pastikan sobat mencantumkan beberapa poin pertanyaan:

Baca Juga!  TaxBit Mudahkan Pembayaran Bitcoin Dan NFT (Pajak)
  • Gambar atau link ke halaman produk Alibaba
  • Spesifikasi Produk
  • Jumlah Pesanan Minimum
  • Penetapan harga
  • International Commercial Terms
  • Kemasan ekspor

Jangan lupa juga untuk bertanya harga sampel, harga produksi, lama waktu produksi, persyaratan pembayaran. Dengan melengkapi informasi ini, sobat akan mendapatkan perhatian dari seller disana sebagai cara jadi importir Alibaba yang ampuh.

Pilih Agen Pengiriman

Gunakan ekspedisi internasional yang mendukung dari negara tujuan ke penerima. Bisa coba DHL, EMS, Fedex dan lain-lain. Ada juga perusahaan khusus yang mengirimkan barang tertentu. Cek spesifikasi dan harga yang mereka miliki.

Pembayaran

Lakukan permintaan Request for Quote (RFQ), maka supplier akan menawarkan berbagai jasa untuk pengiriman juga ini cara jadi importir Alibaba penting diperhatikan. Setelah itu pengecekan harga untuk dibayar dengan berbagai metode yang tersedia disana. Biaya pengiriman akan langsung dibayarkan jadi satu dengan biaya produk yang dimiliki. Proses transaksi ini sudah berhasil dan tinggal menunggu datang.

Akhir Kata

Itulah berbagai informasi tentang cara jadi importir Alibaba, terlihat mudah namun ada bagian sulitnya dimana sobat harus memahami berbagai hal sebelum mulai berbelanja. Barang bisa datang sekitar 14 hari paling cepat. Hingga paling lama 3 bulan setelah masa produksi selesai. Jadi menunggu barang yang dipesan jadi terlebih dahulu barulah ada estimasi waktu barang dikirim.

Check Also

Cara Sukses Berjualan Online

Cara Sukses Berjualan Online

Gookalian – Jualan lewat cara online memang mempunyai daya magnet yang besar sekali, karena capaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.