Mengatasi Gagal Uninstal Corel X7 Windows 7

Saat ingin menghapus Corel, pernahkan sobat mengalami gagal uninstal Corel X7 Windows 7 dengan tulisan Close Program? Sebagai salah satu kejadian yang tidak membuat mengenakkan kita. Karena kita tidak bisa menghapus Corel Draw X7 sepenuhnya dari komputer kita. Padahal ada masalah dengan aplikasi tersebut sehingga kita butuh untuk melakukan uninstal atau Remove aplikasi Corel X7. Adakah solusi yang bisa dilakukan? Gookalian akan memberikan informasinya untuk sobat.

Permasalahan Gagal Uninstal Corel X7 Windows 7 Close Program

Biasanya kita melakukan uninstal sebuah program khususnya CorelDraw dengan membuka:

  • Control Panel dari pencarian tombol Start
  • Program And Features
  • Klik aplikasi yang akan diuninstal, Dalam hal ini adalah Corel Draw Graphic Suite X7
  • Kemudian memilih menu Remove
  • Klik Uninstal

Saat proses uninstal biasa tersebut dilakukan, maka akan muncul kotak dialog Corel Installation Program. Dengan tulisan: Corel Installation Program Has Stopped Working. Hanya bisa check online dan Close The Program. Saat dicoba lagi pun, masalah tersebut tetap muncul.

Ketika rincian View Problem Details dibuka di bawahnya, maka berisi informasi bahwa APPCrash dengan kode tertentu. Beberapa hal yang sudah admin lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut namun masih gagal diantaranya:

  • Uninstall Corel X7 via Revo Uninstaller. Cara ini tidak bisa dilakukan alias sama saja. Karena ketika Revo akan menghapus Corel X7 di Windows 7. Revo membuka jendela instalasi Corel diatas lagi. Corel Installation Program Has Stopped Working terjadi lagi dan uninstal gagal dilakukan.
  • Uninstall Corel X7 via Safe Mode Windows 7. Kemungkinan besar ada virus yang menyerang aplikasi Corel sehingga tidak bisa dihapus, Safe Mode sudah dilakukan namun juga masih gagal. Error 1719 pada Corel X7 terjadi dengan rincian: Error 1719 Windows Installer service could not be accessed. Contact your support personnel to verify that it is properly registered and enabled.
  • Membuka service.msc via perintah run, kemudian melakukan Restart pada Service: Windows Installer. Masih tetap gagal.
  • Melakukan sfc/ scannow via command prompt lalu restart komputer juga belum bisa mengatasi masalah ini
Baca Juga!  Kompres Foto Menjadi 200 Kb Di Komputer

Setelah diteliti lagi, komputer yang digunakan adalah Windows 7 64-bit SP1 dengan aplikasi Corel Draw X7 32-bit. Ada masalah dengan program instalasi yang telah dijalankan dulu/ sebelumnya membuat gagal uninstal Corel X7 Windows 7 terjadi. Sehingga solusi permasalahan tersebut bisa sobat lakukan dibawah ini.

Solusi Gagal Uninstal Corel X7 Windows 7 Close Program

Masalah yang menyebabkan Corel Installation Program Stopped Working salah satunya yaitu program instalasi (master) aplikasi Corel harus digunakan untuk bisa melanjutkan proses uninstal. Error terjadi karena proses file didalamnya tidak lengkap, menyebabkan Uninstaller gagal melanjutkan eksekusi file. Selain itu, ada kerusakan pada Registry akibat virus atau hal lainnya menyebabkan gagal uninstal Corel X7 Windows 7 ditandai Close The Program. Berikut ini solusi yang bisa sobat lakukan jika cara-cara diatas masih gagal,

Membuka File Master Instalasi Corel Draw X7

Sobat perlu mengingat darimana file master (sumber file exe untuk diinstal) Corel diunduh dahulu ketika pertama instal. Unduh kembali file dari sumber tersebut untuk kemudian dijalankan. File instalasi harus sama persis, dan mungkin sobat menyimpan file master Corel X7 tersebut.

Istilahnya adalah seperti kita instal aplikasi via CD. Ketika aplikasi akan dihapus dari sistem, maka kita perlu memasukkan CD master kembali untuk melakukan uninstal. Admin Gookalian telah berhasil menggunakan cara ini untuk mengatasi Corel Installation Has Stopped Working saat proses uninstal terjadi. Langkah mudahnya yaitu:

  • Buka aplikasi Master Corel X7 yang sesuai terinstal di komputer dengan klik kanan – Run As Administrator
  • Centang Remove
  • Centang juga Remove User Files
  • Klikl Remove
  • Proses Uninstall akan berhasil
Baca Juga!  Mengapa Logo SafeSearch Tetap Terkunci? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Melakukan Instal Ulang Windows 7

Jika penyebab gagal uninstal Corel X7 Windows 7 dengan ditandai Close The Program ketika proses berjalan. Maka solusinya adalah instal ulang komputer sobat kemudian instal Corel X7 baru kembali. Hal ini perlu dilakukan karena telah terjadi kerusakan registry file Windows khususnya yang menyangkut Corel X7. Bisa dikarenakan virus atau program tertentu yang melangkahi atau berpengaruh ke Registry Corel.

Instal ulang juga menjadi solusi jika master file Corel X7 diatas tidak sobat temukan dimanapun karena sudah terlalu jadul. Proses uninstal atau instal ulang harus dilalui agar sistem bersih dari file Corel tersebut. Apabila hanya menghapus file di direktori instalasi Core di Drive C, maka sistem masih membaca aplikasi ini ada.

Pada akhirnya kalau tidak instal ulang atau mencopot pemasangan aplikasi, jika ingin instal Corel lagi maka tidak bisa. Apalagi kalau Corel X7 terbaca bajakan layaknya di Corel 2019. Aplikasi diinstal lancar tapi tetap terbaca bajakan (menimpa instalasi). Semoga cara mengatasi gagal uninstal Corel X7 Windows 7 bisa bermanfaat buat sobat.

Check Also

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri 2

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri

Sim C Wonogiri adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengemudi secara legal di Wonogiri. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *