Rabu , September 28 2022

Cara Melihat Hasil Rekaman Zoom

Gookalian berbagi untuk sobat cara melihat hasil rekaman Zoom yang telah dilakukan. Merekam proses Meeting atau pertemuan sangat penting untuk dilaksanakan banyak pertimbangan. Misalkan di dalam proses pertemuan secara online melalui Zoom ini memiliki banyak informasi penting dari pembicara. Fungsi rekaman pada Zoom akan sangat membantu kita dalam melakukan Review kembali apa yang telah dibicarakan.

Perlu mengetahui mekanisme perekaman yang dilakukan oleh Zoom. Karena berbeda seperti merekam layar biasa. Sobat akan menemukan bentuk lain file perekaman kemudian perlu dilakukan konversi. Gookalian akan memberikan informasinya untuk sobat.

Cara Melihat Hasil Rekaman Zoom

Ketika proses perekaman pada Zoom selesai, akan muncul notifikasi suara Recording Stop. Rekaman akan disimpan dalam folder. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk bisa mengetahui hasil video rekaman dan menikmatinya:

Membuka Folder Hasil Rekaman Zoom

  • Pada komputer atau laptop kamu, buka aplikasi Windows Explorer
  • Buka folder Documents – Zoom – Tanggal Waktu Meeting Dilakukan
  • Cek file hasil rekaman akan memiliki nama double_click_to_convert

File video rekaman akan disimpan pada folder disesuaikan dengan waktu merekam dilakukan. Folder ini akan bernama lengkap hingga pada dimulainya waktu merekam. Untuk versi Windows yang lebih rendah, tempat rekaman bisa di cek pada My Document ketika sobat membuka My Computer. Atau lengkapnya: C:/ Users – Nama Komputer – My Documents (Documents).

Melakukan Konversi

  • Klik 2x pada file hasil rekaman Zoom
  • Pilih Convert Anyway jika ada peringatan
  • Tunggu proses
  • Jika sudah selesai, maka akan ada 2 file yaitu MP4 (video) dan M4A (audio)
Baca Juga!  Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Cara melihat hasil rekaman Zoom tidak bisa langsung, sobat harus melalui proses convert terlebih dahulu. Kecepatan konversi bergantung pada spesifikasi komputer milik sobat. Semakin bagus, maka prosesnya semakin cepat. Hal ini juga sejalan dengan lama waktu rekaman Zoom. Prosesnya bisa cukup lama apabila Meeting dilakukan berjam-jam.

Melihat Hasil Konversi

Setelah proses convert selesai, sobat akan menemui 2 file yaitu MP4 yang merupakan format biasanya berupa gambar dan suara. Kemudian ada file M4A yang merupakan format suara saja. Biasanya yang paling sering digunakan adalah file MP4 karena berisi video dan suara.

File tersebut bisa dikirimkan ke mereka yang membutuhkan atau disimpan sobat sendiri. Video dan audio hasil konversi akan memiliki nama acak dan bukan nama file tanggal. Jadi sobat harus mengetahui video tersebut berada di folder mana untuk mengetahui kapan direkamnya.

Mengatur Perekaman Video Zoom

Dalam cara melihat hasil rekaman Zoom, sobat bisa menyetel agar hasil rekaman disimpan pada tempat tertentu secara manual. Selain itu juga bisa menambahkan template waktu pada video. Sobat hanya perlu mengatur beberapa hal dibawah ini dengan membuka aplikasi Zoom – Klik Tombol Gear Pojok Kanan – Klik Menu Recording dan centang pada:

  • Add time stamp: menambahkan waktu
  • Choose a location for…: menentukan folder penyimpanan video rekaman secara manual ketika rekaman akan berlangsung

Itulah cara melihat hasil rekaman Zoom. Pastikan saat proses konversi file menjadi video, sobat tidak melakukan banyak kegiatan pada komputer/ laptop. Karena ini dapat memperberat proses konversi video. Baru ketika proses selesai, gunakan komputer seperti semestinya.

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.