Rabu , September 28 2022

Cara Mencegah Keyboard Dari Debu

Akan cukup sulit mencegah keyboard dari debu karena begitu banyak tutorial diluar sana hanya memberikan solusi untuk pembersihannya. Karena pencegahan lebih baik dilakukan daripada mengobati atau membersihkan jika sudah kotor. Dengan mencegah debu masuk ke keyboard, sobat akan terhindar dari masalah keyboard juga. Lalu langkah apa saja yang bisa digunakan untuk melakukan pencegahan? Gookalian berikan tipsnya satu persatu buat sobat.

Cara Mencegah Keyboard Dari Debu

Jika keyboard sudah kemasukan debu atau kotor karena debu, maka masalah-masalah akan mulai muncul. Seperti keyboard menekan sendiri, tidak bisa ditekan, keyboard tidak bisa menekan angka dan sejenisnya. Tentunya kalau masalah ini sudah terjadi sobat harus membersihkannya sendiri atau ke tempat servis komputer. Sebelum masalah keyboard tersebut terjadi, ada kalanya akan sangat bagus mencegah keyboard dari debu dengan beberapa langkah dibawah ini:

Menutup Keyboard Dengan Karet

Salah satu paket pembelian laptop adalah karet yang berfungsi menutupi keyboard dari bahan karet. Ini bisa mencegah keyboard dari jari yang kotor menempel ke keyboard sendiri atau ke layar. Sebenarnya, disarankan untuk digunakan saat laptop akan ditutup saja. Sehingga kotoran menempel di keyboard tidak terkena layar.

Penutup karet ini sebisa mungkin tidak dipakai saat laptop dihidupkan untuk pekerjaan. Karena sela-sela keyboard juga berfungsi sebagai celah untuk sirkulasi udara. Memang menutupnya tidak akan membuat debu masuk. Tapi suhu akan meningkat terlebih kalau laptop sudah terbilang keluaran lama. Lebih baik digunakan saat sobat tidak sedang menggunakan laptop.

Baca Juga!  Membuka Facebook Report A Login Issue

Membersihkan Ruangan Dan Rumah

Cara yang memang efektif untuk mencegah keyboard dari debu adalah dengan rajin membersihkan tempat kerja. Debu tidak akan mudah berterbangan apalagi hingga masuk ke dalam sela-sela keyboard. Jika sering membersihkan ruangan, maka kemungkinan membersihkan laptop jadi lebih sedikit. Bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkan lantai sobat dan bagian-bagian tertentu yang sulit dijangkau menggunakan alat lainnya. Jika dibiarkan, debu akan menempel ke setiap sudut ruangan dan bisa masuk ke keyboard. Ini akan mendatangkan hewan-hewan kecil hingga semut bisa bersarang di laptop.

Mencegah Kotoran Debu Dari Berbagai Sumber

Sobat juga perlu memperhatikan beberapa hal terkait pembawa kotoran yang ada di rumah. Dengan tidak membiarkan penyebab debu ini masuk keruangan atau hadir dekat dengan laptop. Keyboardnya akan jadi lebih bersih dan dicegah dengan baik. Beberapa sumber yang perlu sobat perhatikan yaitu:

  • Tidak merokok di sekitar laptop
  • Menggunakan perapian kayu di dapur atau sekitar laptop
  • Hewan peliharaan (kucing dan anjing bisa membawa debu dan kotoran bulu yang bisa masuk ke sela keyboard)
  • Tangan yang kotor dan berminyak (wajib cuci tangan sebelum menyentuh laptop)
hewan peliharaan dapat mengotori laptop

Tidak Makan Di Depan Laptop

Jika kita bekerja lebih lama di depan laptop, sepertinya akan sulit untuk tidak menambah asupan makanan layaknya ngemil. Apalagi jika kita bekerja ekstra karena kondisi pandemi dimana kita harus terus di depan laptop dan gak bisa tanpa nafsu makan berlebih. Tapi makan di depan keyboard atau di dekatnya sangat tidak direkomendasikan. Remahan makanan bisa menyelip di sela keyboard, membuat hewan-hewan kecil seperti semut dapat berkumpul.

Cara mencegah keyboard dari debu yang satu ini memang tidak mudah. Mudahnya, tidak makan di depan laptop tapi kemungkinan sulit untuk dilakukan. Jika sobat memang harus makan, maka tutup dahulu laptop atau selimuti dengan penutup keyboard. Maka tidak akan ada makanan yang masuk didalamnya.

Itulah beberapa tips dalam mengurangi resiko keyboard kemasukan debu. Bersihkan keyboard menggunakan air compressor atau penyedot debu khusus secara rutin. Sehingga langkah pencegahan diatas akan mempermudah proses membersihkan keyboard dan membuatnya tetap awet.

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.