Cara Membuat Masker Lidah Buaya

cara membuat masker lidah buaya

Salah satu perawatan wajah dapat dilakukan melalui cara membuat masker lidah buaya. Aloe vera atau lidah buaya adalah satu jenis tanaman yang tidak asing di sekitar kita. Memiliki daging yang tebal dan sisi runcing di ujungnya, banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan.

Termasuk dalam bahan alami dari tumbuhan seperti halnya Spirulina, memiliki khasiat untuk kesehatan kulit. Salah satu cara mendapatkan manfaatnya melalui pengolahannya menjadi masker. Kulit menjadi lebih fresh, lembut, mengurangi peradangan, melembabkan dan kandungan berbagai vitamin (A, B1, B2, B3, B6, B12) adalah bahan yang bagus untuk dibuat masker. Lalu bagaimanakah cara membuat Aloe vera menjadi masker untuk wajah?

Cara Membuat Masker Lidah Buaya

Bahan alami ini cukup mudah ditemukan di wilayah pedesaan. Dapat digunakan tanpa campuran bahan lainnya maupun tambahan bisa dioleskan ke kulit sebagai masker.

Masker Lidah Buaya Alami Tanpa Campuran

Sobat cari aja lidah buaya yang kemudian dicuci dengan bersih. Kupas dari kulit luarnya, ambil bagian daging buah yang berwarna putih bening. Potong kecil-kecil dan aduk pada wadah. Bersihkan wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit. Oleskan lidah buaya dalam wadah dengan kuas ke wajah secara merata (hidung, dagu, pipi). Tunggu sekitar 20-30 menit lalu bilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori. Cara ini paling mudah karena tidak membutuhkan keahlian khusus dan campuran tertentu hingga siap diaplikasikan.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya Dengan Madu Untuk Jerawat

Vitamin dalam lidah buaya akan tambah bagus jika ditambahkan madu. Peradangan kulit mampu dinetralisir oleh kunyit. Jadi sobat butuh tambahan kunyit dan madu untuk pengobatan jerawat.

  • Lidah buaya yang sudah dibersihkan dan dipotong kecil masukkan ke mangkuk kecil
  • Masukkan madu cair lalu aduk sampai merata
  • Tambahkan bubuk kunyit yang dibuat sendiri atau membeli dari toko sembako sebanyak 1 sendok teh
  • Aduk semua hingga merata dan bubuk tercampur
  • Gunakan masker yang dioleskan ke wajah dengan kuas secara merata

Masker Lidah Buaya, Kopi, Dan Gula Untuk Mencerahkan Wajah

2 Sendok makan lidah buaya potong kecil ditambah 1 sendok teh bubuk kopi dan 1 sendok teh gula pasir masukkan ke wadah kecil. Aduk hingga merata hingga berbentuk gel untuk kemudian diaplikasikan ke wajah sobat. Kandungan yang dimiliki gula dapat mengangkat sel kulit mati. Bubuk kopi menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Campuran Lidah Buaya Dan Khasiatnya

Gookalian ada nih beberapa resep lidah buaya yang dikombinasikan dengan bahan lainnya untuk dijadikan masker. Dengan berbagai khasiat yang bagus untuk kulit wajah, tambahkan lidah buaya dengan:

  • Pepaya tambah bubuk kakao untuk kulit terlihat lebih bercahaya dan menghilangkan bekas jerawat (1/4 buah dan 1 sendok makan bubuk)
  • Telur sebagai asupan protein untuk perbaikan sel yang rusak. Mampu mengencangkan kulit dan menutrisi kulit mencegah wajah keriput. (1 butir dan 2 sendok makan lidah buaya)
  • Susu dan madu untuk mengatasi peradangan pada kulit, menutrisi kulit dan mencegah jerawat. (1/2 sendok makan susu murni, 2 sendok makan gel lidah buaya, dan sesendok makan madu)
  • Lidah buaya, mentimun, air mawar kombinasi mengatasi hiperpigmentasi
  • Gula dan perasan lemon ditambahkan untuk mengatasi kulit berminyak

Sobat berminat mencoba dirumah? Pastikan cuci wajah sampai bersih dengan air hangat untuk persiapan. Oleskan campuran masker dari lidah buaya merata dan tunggu 15-20 menit. Bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal, karena kandungan bahan alami dan tanpa efek samping. Hentikan penggunaan apabila semakin parah karena bisa jadi kulit sobat tidak cocok dengan bahan Aloe vera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *