Bahaya Terlalu Banyak Vitamin D Yang Dikonsumsi

bahaya terlalu banyak vitamin d

Umumnya kita ingin mendapat khasiat untuk tulang, namun ketahuilah bahaya terlalu banyak Vitamin D apabila dikonsumsi diluar batas wajar. Ini akan menimbulkan berbagai efek samping pada tubuh.

Konsumsi Vitamin D adalah salah satu jalan untuk pembentukan tulang yang baik. Pada masa pandemi Covid saat ini, banyak orang mencarinya untuk meningkatkan imunitas pada tubuh. Sehingga mencegah infeksi saluran pernafasan sebagai salah satu gejala keparahan Covid-19.

Menambah asupan Vitamin D adalah baik untuk takaran yang aman. Adalah 4000 IU per hari untuk orang dewasa menurut The Institute of Medicine adalah batas aman. Jika tidak ada indikasi medis, seharusnya Vitamin D dalam bentuk suplemen tidak sering dikonsumsi. Karena bisa dibentuk melalui sinar matahari yang terkena oleh kulit terkhusus pada waktu pagi. Lalu jika kelebihan, efek apa yang bakalan dirasakan oleh sobat?

Bahaya Terlalu Banyak Vitamin D

Anjuran dokter untuk tubuh sudah pasti tidak akan melebihi batas aman. Itupun jika ada indikasi medis. Bagi yang masih sehat, tidak perlu mengkonsumsi vitamin ini setiap hari. Cukup berjemur di pagi hari yang hangat. Atau jika sobat terlalu banyak mengkonsumsinya bisa mengalami hal-hal dibawah ini.

Keracunan Vitamin D

Pada kondisi yang ekstrim karena terlalu banyak mengkonsumsi Vitamin D (hingga 50.000 IU dalam satu hari) akan terjadi keracunan. Apalagi untuk penggunaan jangka panjang, meskipun jarang terjadi. Seringkali ditandai dengan gejala mual, muntah, rasa sakit pada otot dan tekanan darah tinggi.

Berhubungan dengan jumlah kalsium yang diserap oleh tubuh sejalan dengan jumlah Vitamin D. Terlalu tinggi kadar kalsium pada darah menyebabkan gejala badan tidak enak tersebut hingga penurunan nafsu makan (Nederlands Tijdschrift voor Geneeskunde, 2016).

Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Diare, sakit perut, sembelit adalah gejala yang ditimbulkan akibat kelebihan asupan Vitamin D. Menurut Case Reports in Pediatrics tahun 2016, dosis tinggi hingga 50.000 IU Vitamin D3 membuatnya mengalami sakit perut, diare dan gejala lainnya. Tanda ini juga berhubungan dengan keracunan yang ternyata menghilang setelah pemberian suplemen tersebut dihentikan.

Meskipun begitu, asupan Vitamin D yang cukup sesuai rekomendasi berefek positif untuk pencernaan (badgut.org). Mencegah atau menurunkan resiko kanker kolon dan berbagai gangguan pencernaan seperti penyakit Crohn penyebab berat badan berlebih.

Kerusakan Ginjal Adalah Bahaya Terlalu Banyak Vitamin D

Terlalu banyak konsumsi Vitamin D berhubungan dengan jumlah kalsium dalam darah yang tinggi. Kalsium ini mengikat fosfat selanjutnya membentuk kristal keras yang tersimpan pada jaringan lunak tubuh. Kristal yang menumpuk ini menyebabkan kerusakan jaringan bahkan organ tergantung tempat terkumpul.

Terkhusus pada ginjal, kumpulan kalsium fosfat akan terjadi disana karena kinerja organ ini yang menyaring darah. Nephrocalcinosis (tumpukan kalsium dalam ginjal), batu ginjal dan bahkan gagal ginjal dapat terjadi jika terlalu lama mengkonsumsi Vitamin D dalam jumlah besar. Dalam Journal CMAJ (2019), kerusakan ginjal terjadi akibat seseorang yang mengkonsumsi 8.000-12.000 IU Vitamin D setiap hari selama 2 tahun.

Tidak Baik Untuk Tulang

Padahal Vitamin D terkenal mencegah osteoporosis dan dapat menguatkan tulang tapi kenapa jumlah sangat banyak menjadi tidak baik ? Menurut Healthline, untuk mendapatkan efek menyehatkan tulang Vitamin D harus dalam jumlah yang cukup.

Untuk menjaga tulang tetap kuat, pastikan jumlahnya cukup untuk penyerapan tubuh. Aktivitas Vitamin K2 menjadi terganggu karena tingginya Vitamin D dalam darah. Manfaat untuk menguatkan tulang malah berbalik menjadi kurang berguna. Karena keseimbangan antara kedua vitamin tersebut yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Akhir kata, tubuh bisa membuat sendiri Vitamin D melalui berjemur pada sinar matahari. Butuh waktu sekitar 15-90 menit untuk sobat bisa berjemur di pagi hari dimana sinar UV tidak terlalu banyak. Jika sudah siang, jangan terlalu lama karena sudah cukup untuk tubuh memproduksinya. Yang paling penting adalah tetap terkena paparan sinar mentari.

Bagi sobat yang suka membeli suplemen Vitamin D. Pastikan jumlahnya tidak melampaui batas. Dengan jumlah yang cukup, kesehatan tulang dan gigi serta peningkatan imunitas tubuh bisa dicapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *