Cara Mengetahui Bluetooth Di Laptop

Cara Mengetahui Bluetooth Di Laptop

Untuk sobat yang sudah memiliki laptop, cara mengetahui bluetooth di laptop sangatlah penting. Karena piranti ini dapat membuat hidupmu lebih mudah dan produktif saat menggunakan laptop. Berbeda dengan komputer biasa dengan kotak CPU umumnya tidak memiliki bluetooth, sehingga memang harus membeli perangkat tersebut secara eksternal.

Berbeda dengan laptop, seringkali satu paket bluetooth terpasang di dalamnya. Perangkat keras ini memudahkan kita melakukan pemindahan data dari hp ke laptop (misalnya) tanpa kabel data.

Namun tidak jarang juga laptop tidak disematkan bluetooth. Sehingga seringkali orang banyak bertanya, sebenarnya ada bluetoothnya tidak sih laptop yang dipakai? Cara mengetahuinya, Gookalian tunjukkan dibawah ini.

Cara Mengetahui Bluetooth Di Laptop

Beberapa pengguna laptop mengetahui ada ikon bluetooth dibagian bawah kanan. Tapi tidak semua ikon tersebut mempresentasikan apakah ada perangkat bluetooth sebenarnya atau tidak. Perangkat bluetooth di laptop tidak terdeteksi ponsel, ini disebabkan tidak adanya bluetooth pada laptop sebenarnya. Untuk itu perlu mengetahui beberapa hal dibawah ini.

Cek Spesifikasi Pada Laman Web Resmi Atau Google

Untuk mengetahui ada tidaknya bluetooth di sebuah laptop, kuncinya adalah mencari di Google. Langsung ketikkan pencarian “spesifikasi” merek dan tipe laptop yang sobat miliki. Selanjutnya sobat harus melakukan pengecekan apakah tercantum spesifikasi bluetooth apakah ada atau tidak.

Beberapa situs resmi sesuai dengan merek memberikan spesifikasi lengkap yang dimiliki sebuah laptop. Rincian tersebut bisa sobat baca untuk dapat mengetahui apakah ada piranti bluetooth. Perlu sobat ketahui, tidak jarang website resmi menghapus spesifikasi produk karena tidak diproduksi lagi. Untuk itu perlu melakukan pengecekan ke web alternatif seperti situs jual beli online. Biasanya barang akan ditunjukkan spesifikasi lengkapnya termasuk bluetooth.

Melihat Informasi Tertulis Pada Laptop

Di bagian bawah keyboard beberapa laptop telah disematkan informasi tentang spesifikasi bluetooth. Jika terdapat jenis bluetooth tertentu biasanya merupakan unggulan yang dimiliki laptop. Pabrikan tidak segan menempelkan logo bluetooth dibawah keyboard sebagai kelebihan pada spesifikasi laptop tertentu.

Jika di bagian atas tidak ditemukan, sobat bisa membalik laptop dalam kondisi mati dan tertutup. Di bagian bawah akan ada berbagai informasi, umumnya berisi perangkat nirkabel yang digunakan. Pastikan ada satu gambar/ikon bluetooth disana. Jika ada, berarti sudah pasti laptop memiliki kemampuan untuk transfer file via bluetooth. Tinggal driver atau kelengkapan software agar dapat dijalankan.

Cara Mengetahui Bluetooth Di Laptop Dengan Mencari Driver

Mencari driver untuk sebuah laptop bisa cukup mudah dilakukan. Jika sobat tidak tahu apakah ada tidaknya bluetooth pada sebuah laptop, jalan terakhir langsung mencari dukungan driver. Ketikkan saja pada pencarian Google, driver diikuti merek dan jenis laptop. Cek satu persatu sistem operasi (minimal Windows 7) apakah ada driver bluetoothnya.

Apabila dicek di berbagai sistem operasi dan tidak ada, bisa dipastikan laptop sobat tersebut tidak mendukung bluetooth. Tidak memiliki hardware bluetooth sehingga tidak dapat menerima maupun mengirim file secara nirkabel.

Karena sebagian teknisi laptop mengira ada bluetoothnya, maka mereka melakukan instalasi program aplikasi bluetooth di laptop. Sehingga muncul ikon bluetooth namun tidak terdeteksi karena hanya program yang berjalan tanpa ada perangkat keras yang bekerja.

Berlaku juga untuk laptop yang sebenarnya memiliki bluetooth namun tidak bisa berkirim file. Jika hardwarenya normal, berarti instalasi driver bluetooth diperlukan hingga berhasil. Sehingga bluetooth dapat digunakan semestinya.

Itulah informasi mengapa pentingnya mengetahui ada tidaknya bluetooth yang sebenarnya pada laptop. Kamu bisa memanfaatkan spesifikasi tersebut untuk berkirim file dari perangkat lain ke laptop tanpa bantuan kabel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *