Cara Menghibur Orang Berduka Jangan Sampai Keliru

Pernah bingung bagaimana cara menghibur orang berduka ? Gookalian ada tipsnya biar sobat gak keliru. Soalnya jangan sampai hadirnya sobat memperparah kondisi hati si keluarga atau teman yang sedang berduka.

Cara Menghibur Orang Berduka

Ada beberapa hal-hal kecil yang bisa sobat perhatikan untuk ikut andil dalam kondisi yang berkabung ini. Berikut yang perlu sobat lakukan dan tidak perlu:

Yang Perlu Sobat Lakukan

Memilih Waktu Yang Tepat

Pastikan kondisi mental temen yang dilanda kesedihan lagi baik dan kuat untuk berbicara. Pun jika tidak tahu, sobat bisa gunakan waktu yang tepat misalnya saat orang tersebut sendirian dan sedang tidak berbicara dengan orang lain.

Memberi Simpati

Berikan ungkapan bahwa sobat ikut berduka atau mengatakan “aku turut berduka”. Jika sobat tidak mengenal dengan orang tersebut katakan sobat kenal dengan sang mendiang. Kenalkan diri dengan singkat dan berikan singkat jasa-jasa positif selama beliau hidup.

Tawarkan Bantuan

Sobat bisa memberikan bantuan yang mungkin dibutuhkan orang tersebut. Tidak perlu hal-hal besar, perlu untuk memperhatikan berbagai hal yang dibutuhkan saat berduka tersebut. Misalnya dengan membawakan makanan untuk hari tersebut atau hari selanjutnya sehingga keluarga berduka diringankan tanpa perlu memasak.

Adapaun kalau dia yang sedang berduka menolah bantuan sobat oerlu memaklumi saja. Intinya adalah sobat hadir untuk membantu secara spesifik terlebih apabila kenal dekat dengan orang yang sedang berduka tersebut. Bantuan yang lebih jauh lagi adalah finansial. Bantuan finansial biasanya dilakukan saat ada upacara kematian di desa sebagai budaya baik yang kita miliki.

Yang Perlu Dihindari Sobat Dalam Cara Menghibur Orang Berduka

Menghindari Kata-Kata Tertentu

Mungkin kurang sopan untuk mengatakan “Jangan sedih…Jangan Menangis…Kamu Kuat dan beberapa kata lainnya. Kesedihan adalah wajar, biarkan dia mengekspresikannya dengan air mata dan mungkin tidak dapat berkata-kata. Gak mungkin bakalan pura-pura tabah dan kuat apalagi bahagia saat itu.

Memberikan dukungan kata-kata agar si dia kuat memang kelihatannya bagus. Tapi ini bisa menjadikan tekanan bagi dirinya dan dia mungkin tidak sekuat itu. Biarkan alami kesedihan yang terjadi dan jangan memberikan kata-kata motivasi ketika dia masih merasakan mendalam.

Berempati dengan ikut merasakan kesedihannya lantas tidak menjadikan kamu harus jadi motivator. Peran motivator penting saat semua kesedihan telah berlalu setidaknya beberapa waktu yang tepat.

Membandingkan Dengan Kesedihan Sobat Sendiri

Bukan berarti kesedihan yang dialami jauh lebih kecil ketimbang yang sobat pernah alami. Mengadu kesedihan tidaklah lucu karena ini gak dibutuhkan oleh orang yang berduka tersebut. Kesedihan memang adalah hal yang pasti dialami oleh setiap orang, intinya adalah bagaimana kita menyikapi bukan tujuan membandingkan yang tidak penting.

Mengajak Bercanda

Humoris boleh, tapi tahu tempat lah biar gak merusak suasana. Saat beberapa ketika hari berduka orang akan membutuhkan waktu untuk merasakan dan mendalami kesedihan yang terjadi. Waktu-waktu seseorang yang sedang merenung ini belum baik untuk diajak bercanda layaknya kehidupan sudah biasa.

Bercanda boleh ketika semua sudah kembali seperti semula dan kondisi hati sudah normal. Ini akan baik agar orang yang berduka tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

Cara menghibur orang berduka bisa dengan bercanda, tapi itu tahap akhir dari keseluruhan proses. Intinya sobat biarkan dahulu kesedihan ada dan mengakhirinya serta lebih bagus lagi jika bantuan yang sobat tawarkan membantu dia.

Check Also

Cara Agar Lemari Tidak Dimakan Rayap

Cara Agar Lemari Tidak Dimakan Rayap

Bagaimana cara agar lemari tidak dimakan rayap ? Sobat perlu tahu bahwa diperlukan pencegahan sebelum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *