Cara Menjaga Privasi Di Laptop

cara menjaga privasi di laptop

Bagaimana cara menjaga privasi di laptop atau komputer sehingga orang lain tidak bisa melihatnya? Jika kita membahas soal privasi, tentunya ini berhubungan dengan foto, video atau file lain berisi kegiatan sendiri yang mungkin tidak bisa disebar ke orang lain.

Namun terkadang ada suatu saat kita harus memeriksakan laptop atau komputer karena kerusakan. Jadi si tukang servis bisa melihat apa isi yang ada di laptop sobat. Gak cuma itu saja sih, temen bahkan juga bisa melihat hal yang sama.

Berikut Gookalian kasih sedikit tips untuk sobat sehingga menyulitkan orang lain dalam membuka berbagai berkas berisi data pribadi di laptop.

Cara Menjaga Privasi Di Laptop

Beberapa langkah dibawah ini mungkin kurang lengkap, akan tetapi merujuk pada inti tentang bagaimana menjaga privasi di laptop. Intinya sobat harus ingat kata sandi, sebuah kunci untuk mengakses berbagai file di laptop kamu.

Gunakan Kata Sandi Masuk/Login

Ini berfungsi memberikan Password saat laptop dihidupkan. Laptop tidak akan langsung masuk ke layar utama, karena terhalang dengan kata sandi. Mereka yang ingin meminjam laptop sobat pasti akan bertanya apa kata sandi untuk masuk. Termasuk tukang servis yang sopan akan menanyakannya.

Selain memperlambat orang bisa masuk dengan mengakses laptop, ketika teman meminjam sobat bisa tahu. Langkah pengamanan ini bisa sobat akses melalui:

  • Ketuk tombol Windows
  • Lakukan pencarian Password, pilih menu Change Password
  • Add untuk menambahkan kata sandi pada akun
  • Jangan sampai lupa kata sandi ini ya

Menambahkan Guest Atau Tamu

Setelah sobat memberikan password, pada menu yang sama akan muncul pilihan untuk menambahkan Guest atau tamu. Jadi ketika laptop dihidupkan kembali, ada pilihan Guest dimana ruang ini terpisah dengan berbagai file milik sobat. Orang yang masuk dengan Guest tidak bisa mengakses file milik sobat namun tetap bisa meminjam untuk keperluan lain. Dengan begitu, kalau ada temen yang mau pinjam laptop pakai mode Guest aja. Sobat tidak perlu khawatir file berisi privasi akan terbuka.

Menggunakan Koneksi Internet Sendiri Merupakan Cara Menjaga Privasi Di Laptop

Apakah sobat sering berselancar di internet menggunakan Wifi kafe atau publik? Sebaiknya pakai koneksi internet sendiri. Karena Wifi publik bisa dengan mudah mencuri berbagai informasi yang kamu miliki seperti Email, akun Facebook, dan sosial media lainnya.

Sebelumnya kita telah membentengi diri dengan privasi dari tangan jahil atau teman sekalipun. Sekarang adalah mencegah sebelum akun sobat bisa kena Hack. Adapun kalau sobat menggunakan Wifi di tempat publik, sebaiknya tidak melakukan Login/masuk akun sosial media. Baiknya menggunakan koneksi tersebut di laptop dengan anonim alias hanya mencari informasi saja.

Mengunci Drive Penyimpanan

Klik kanan pada sebuah partisi, kemudian Turn On BitLocker. Masukkan kata sandi, sehingga nantinya tempat tersebut membutuhkan kunci untuk dibuka. Ini akan mencegah mereka membuka-buka Drive atau penyimpanan milikmu. Letakkan file yang sangat pribadi tersebut terpisah dan terpassword.

Cara Menjaga Privasi Di Komputer Melalui Tutup Kamera

Laptop juga merupakan sarang dimana orang bisa memasukkan berbagai program secara sengaja maupun tidak. Program ini mengendalikan kamera laptop sobat. Sehingga perlu ditutup dengan isolasi jika tidak dibutuhkan. Namun hati-hati jangan sampai kotor. Langkah ini cukup bagus menghindari penyusup yang merekam berbagai aktivitas sobat didepan komputer.

Gunakan Antivirus Tambahan Dan Jangan Download Sembarangan

Saat ini Windows 10 sudah cukup bagus dengan Defender miliknya jika selalu diupdate. Sobat butuh keamanan tambahan dengan instal antivirus pihak lainnya yang terpercaya. Biasanya 2 antivirus lumayan melindungi dari berbagai program mencurigakan. Sebenarnya aplikasi-aplikasi berisi virus atau worm yang merenggut privasi milikmu. Antivirus akan menghalanginya.

Namun, jika sobat ceroboh dengan mengunduh berbagai aplikasi atau file yang ternyata isinya virus. Maka ini berakibat fatal, selain komputer bisa kena virus ada pencuri data. Selain itu model Keylogger mengambil semua yang sobat pernah ketik juga perlu diwaspadai.

Itulah beberapa tips simpel dalam menjaga privasi di laptop. Dengan beberapa kata sandi, setidaknya hanya sobat yang bisa membuka. Dan berbagai keamanan saat melakukan selancar di internet perlu diperhatikan. Lainnya:

  • Matikan lokasi
  • Jangan sembarang klik iklan
  • Tidak menyimpan informasi pribadi sembarangan di laptop
  • Matikan Microfon jika tidak dipakai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *