Selasa , April 16 2024

Hal Sulit Di Windows 11 Dibanding Windows 10

Ada beberapa hal sulit di Windows 11 dibanding Windows 10 yaitu contohnya ketika akan melakukan Refresh. Bayangkan saja kita sudah sering klik kanan – Refresh pada komputer dengan Windows 10 hingga yang lebih lawas. Tapi di Windows 11, tombol Refresh menghilang begitu saja sehingga tidak bisa langsung diklik. Itu salah satu contoh yang membuat kita agak kesulitan melakukan suatu hal pada sistem operasi yang tergolong baru ini.

Windows 11 memang membawa tampilan material dengan gaya fluid yang baru bagi kita. Tentunya memanjakan mata dan meninggalkan kesan bosan terhadap versi Windows 10 yang sebelumnya hadir. Namun dibalik tampilan awal yang bagus tersebut, ada hal sulit di WIndows 11 dibanding Windows 10 untuk dilakukan. Bisa jadi hal tersebut menghambat pekerjaan sobat atau memang tidak terlalu berefek? Ulasannya dari Gookalian untuk sobat dibawah ini.

Beberapa Hal Sulit Di Windows 11 Dibanding Windows 10

Karena ada hal baru di Windows 11, maka kita perlu melakukan adaptasi terhadap versi WIndows tersebut dibanding pendahulunya. Seringkali mempelajari hal baru tersebut agak cukup sulit, meskipun konsepnya masih sama. Berikut ini beberapa hal yang lebih sulit dilakukan di Windows 11 daripada di Windows 10:

Membuka Tombol Start

Biasanya pada Windows sebelumnya, kita tinggal arahkan kursor ke bagian pojok kiri bawah. Ini sudah menjadi kebiasaan saat ingin mengakses semua menu di Windows. Menjadi agak aneh ketika tombol menu berpindah ke tengah atau setidaknya pas agak ke kiri. Tampilan yang menyerupai icon pada Macbook tersebut telah menggantikan lokasi tombol yang telah ada beberapa dekade yang lalu.

Menu Klik Kanan Di Desktop Tidak Penuh

Seperti yang telah admin sebutkan diatas, penggunaan klik kanan untuk Refresh di Windows 11 tidak semudah versi Windows sebelumnya. Sobat masih perlu klik kanan – Show More Options – Refresh. Jadi untuk melakukan Refresh agak ribet ya. Namun pada update Windows 11 terbaru, klik kanan sudah ada menu Refresh nya. Sepertinya Windows telah menjawab masalah ini mengikuti kebiasaan yang telah dilakukan puluhan tahun oleh penggunanya. Tapi untuk Windows 11 versi awal, maka tombol Refresh ini akan tersembunyi.

Tidak Bisa Berjalan Tanpa Akun Microsoft

Sobat tidak bisa menggunakan Windows tanpa memasukkan akun Microsoft dengan koneksi internet khususnya pada Windows 11 Home Edition. Tidak seperti versi Windows 10 dan generasi sebelumnya tidak membutuhkan akun untuk semua versi Windowsnya. Windows 11 lebih agresif dengan langkah ini karena memaksa pengguna versi Windows tersebut untuk terkoneksi ke internet lalu memasukkan akun Microsoft. Tentunya hal ini menjadi perhatian untuk sobat yang akan membeli komputer dengan sistem operasi tersebut.

Meskipun begitu, untuk versi Windows 11 Pro sobat tidak perlu akses internet dan memasukkan akun Microsoft. Saat melakukan instal ulang ke Windows 11 Pro, pesan “Let’s connect you to a network” bisa dengan mudah di skip. Tapi tidak dengan versi Home. Masih diperlukan cara agar bisa skip pada versi tersebut yang cukup ribet.

Baca Juga!  Cara Mencegah Keyboard Dari Debu

Mengubah Aplikasi Default

Default Apps atau program aplikasi default yang digunakan untuk melakukan sebuah tugas, cukup mudah diubah di Windows 10 atau lebih lawas. Hal sulit di Windows 11 dibanding Windows 10 adalah mengubah program default ini. Saat membuka di Windows 10, langsung klik beberapa kali maka program bawaan untuk membuka sesuatu langsung terganti.

Namun di Windows 11, setelan aplikasi default akan menjadi lebih kompleks. Sobat harus memilih satu persatu layanan yang disediakan oleh Windows 11. Menyusul dukungan Windows 11 yang makin luas hingga bisa menggunakan aplikasi di Android. Akan ada tambahan opsi untuk mengubah sebuah program yang sebelumnya hanya Email, Maps, Photo Viewer, Web Browser, Video Player, dan Music Player saja.

Pada Windows 11, lebih banyak layanan bisa diubah aplikasi default untuk membukanya. Seperti Kalkulator, Access, Alarm Jam, App Installer, Calendar, Camera, Cortana dan lain sebagainnya. Sobat juga akan disuguhkan tombol pencarian untuk tipe File. Jadi untuk tipe file tertentu bisa menggunakan aplikasi tertentu. Setelan ini akan cukup memusingkan karena tidak dikelompokkan secara otomatis oleh Windows. Misalkan menyetel Google Chrome untuk mengakses Browser. Maka akan ada pilihan untuk mengakses HTTP, HTTPS, FTP, IRC, MAILTO, MMS dan lain sebagainnya. Ini mungkin hal sulit di Windows 11 dibanding Windows 10 yang bisa dirasakan oleh orang yang menghandle banyak pekerjaan dengan banyak ekstensi file.

Itulah beberapa hal yang menjadi kelemahan Windows 11 untuk penggunaan dibanding Windows 10 atau versi yang lebih lawas. Disarankan untuk sobat belajar beberapa fungsi dan tempat pada Windows 11 agar tidak bingung. Belum lagi untuk mereka Technical Support atau yang memiliki pekerjaan melakukan Fix pada komputer bermasalah.

Baca Juga!  Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Di Google Form

Check Also

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement 1

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog Anda selain dari iklan biasa? Salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *