Rabu , September 28 2022

Cara Membuat Google Chrome Lebih Cepat Di Komputer

Sobat membutuhkan cara membuat Google Chrome lebih cepat supaya ketika digunakan untuk menjelajah di internet lebih menyenangkan tanpa harus menunggu lebih lama. Tips yang akan Gookalian hadirkan dibawah nanti adalah menggunakan fitur bawaan yang ada di komputer/PC/Laptop sobat saja. Ya meskipun dibagian bawah nanti juga akan diberikan tips berupa hardware yang perlu dipenuhi agar proses menggunakan Google Chrome bisa lebih cepat.

Google Chrome membutuhkan cara-cara khusus agar bisa dioperasikan maksimal dan tidak lemot. Karena ada kebiasaan tertentu yang sering kita lakukan membuat aplikasi browser ini lebih lemot dari biasanya. Apa saja tips agar bisa lebih ngebut? Cek beberapa tips dibawah ini.

Cara Membuat Google Chrome Lebih Cepat

Lebih afdol jika sobat menggunakan Google Chrome sebagai browser tunggal setelah instal ulang dengan tidak menyertakan banyak program yang terinstal di komputer. Cara ini akan memaksimalkan penggunaan aplikasi Chrome di komputer. Selain itu agar penggunaan aplikasi browser tersebut lebih cepat, sobat bisa melakukan:

Menghapus Ekstensi Di Google Chrome

Ekstensi adalah program yang membantu tugas maupun pekerjaan bersama Chrome. Namun bisa dibilang, Extension memakan sumber daya tambahan yang ada pada komputer. Padahal Chrome sendiri sudah cukup berat jika dijalankan pada komputer dengan spesifikasi rendah. Menghapus ekstensi ini penting sebagai cara membuat Google Chrome lebih cepat karena tidak akan di load saat aplikasi dibuka dan tidak memberatkan ketika sedang berjalan. Matikan ekstensi tersebut dengan:

  • Klik 3 Titik Pojok Kanan Atas
  • More Tools
  • Extensions
  • Klik Remove pada setiap ekstensi yang ada
  • Ini akan membuat proses pada Chrome lebih cepat
Baca Juga!  Cara Masuk Gmail Tanpa Kode Verifikasi

Menggunakan Pemblokir Iklan

Kinerja berat saat mengakses web disebabkan karena iklan, video, script dan sejenisnya yang muncul sangat banyak ketika membuka sebuah situs. Tujuan adanya iklan-iklan ini memang menambah pundi-pundi rupiah dari pengunjung yang melihat. Namun hal ini justru membuat sebuah web memberatkan Chrome saat memprosesnya.

Tidak jarang pasti kita melihat notifikasi bertuliskan “iklan dihapus oleh google” sebagai dampak berat memproses iklan tersebut. Ini juga disebabkan kemampuan atau spesifikasi komputer yang kurang mumpuni sehingga tidak bisa meload lebih banyak iklan.

Sobat bisa menggunakan ekstensi seperti uBlock Origin yang bisa diunduh melalui layanan ekstensi Google Chrome. Fitur dari ekstensi akan membantu sobat menghapus iklan yang mengganggu dan menurunkan kinerja Google Chrome. Menghilangkan pop-up sampai pada video yang berputar secara otomatis dari iklan yang memakan banyak sumber daya. Ekstensi tersebut direkomendasikan karena mudah penggunaannya dan tidak menghalangi tampilan sebuah situs yang menjadi murni tanpa iklan (meskipun sebagian iklan masih bisa tembus, namun hanya sangat sedikit).

Tidak Membuka Banyak Tab

Salah satu tips agar Google Chrome di komputer sobat lebih kencang adalah tidak menggunakannya untuk multitasking tab. Untuk komputer dengan spesifikasi rendah, gunakan 1 hingga 2 tab saja maksimal agar performa tidak dibebani. Ini berhubungan dengan besarnya RAM yang dimiliki. Sedikit tab akan membantu komputer fokus padanya sehingga lebih lancar saat sobat menggunakannya.

Mengaktifkan pramuat Halaman

  • Klik 3 titik pojok kanan atas
  • Setelan (Settings)
  • Keamanan dan privasi (Security and Privacy)
  • Cookie dan data situs lainnya (Cookies and other site data)
  • Klik untuk mengaktifkan Pramuat Halaman Agar Browsing dan Menelusuri Lebih Cepat (Preload pages…)

Cara ini diperuntukkan untuk sobat yang memiliki koneksi internet kencang. Karena Chrome akan mengunduh data situs di latar belakang, berarti koneksi internet akan digunakan lebih banyak. Jika koneksi di komputer sobat memang tidak cukup bisa diandalkan, sobat bisa mematikannya. Meskipun akan mengurangi kecepatan load halaman, namun proses memuat halaman akan dilakukan secara manual.

Baca Juga!  Cara Aktivasi Windows 10 Tanpa Product Key

Selalu Perbarui Chrome

Dengan menggunakan versi paling baru dari Chrome, sobat akan mendapatkan fitur dan keamanan yang up to date. Hal ini cukup berpengaruh dengan kecepatan loading sebuah situs dan lebih aman. Karena koneksi yang aman ditandai dengan https pada alamat situs, menandakan tidak ada hal mencurigakan atau koneksi yang tidak aman pada situs. Karena potensi dari koneksi yang tidak aman bisa menyedot bandwith jaringan menyebabkan load jadi lebih tinggi dari biasanya.

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.