Kabar Baik Windows 11 Untuk ASUS

windows 11 untuk asus

Sebenarnya apa sih kabar baik Windows 11 untuk ASUS yang merupakan salah satu merek Laptop terkenal ini ? Karena merek yang tak asing dengan istilah SNSV ini memberikan update bagi Motherboard atau laptop mereknya sehingga mendukung untuk diinstal sistem operasi Windows 11. Gookalian berikan informasinya dibawah ini.

Kebutuhan Keamanan TPM Untuk Windows 11

Sistem operasi yang lebih baru membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi juga. Dalam hal ini Windows 11 memberikan persyaratan agar sebuah komputer dapat diinstal nya. Salah satunya adalah TPM 2.0 atau Trusted Platform Module. Tanpa teknologi tersebut sebagai bagian dari perangkat komputer tidak akan mengizinkan instalasi.

Bahkan komputer atau laptop jenis baru tidak sembarang bisa dipasang Windows 10 karena kurangnya spesifikasi tersebut. Ini merujuk pada sebuah versi keamanan yang lebih baik dari versi Windows yang sebelumnya.

Komponen TPM 2.0 memproses hardware berdasarkan hal yang berhubungan dengan enkripsi. Ini melindungi perangkat dari serangan dan proses Boot ke dalam sistem yang tidak aman. Dipadukan dengan Secure Boot, sembarangan proses tidak akan bisa masuk dalam Booting. Keamanan yang diperkuat ini sebagai bentuk pertahanan terhadap serangan yang lebih baru dan modern. Untuk masa depan perkomputeran yang lebih baik tak hayal spesifikasi ini menjadi wajib.

Komputer sobat mungkin tidak mendeteksi TPM, namun bisa diaktifkan di BIOS sebagai persyaratan instalasi Windows 11. Pengecekan bisa dilakukan untuk mengetahui apakah ada unsur TPM dan Secure Boot pada komputer sobat.  Umumnya TPM berada di bawah menu Intel PTT, AMD PSP, fTPM dan lain sebagainnya yang terlihat aneh.

Dukungan TPM Windows 11 Untuk ASUS

Bagi sobat yang menggunakan komputer atau laptop dengan Motherboard dari ASUS sepertinya cukup beruntung. Soalnya, brand ini akan memberikan update untuk BIOS komputer mereka dengan dukungan TPM secara otomatis.

Dukungan tersebut dimulai pada komputer dengan prosesor Kaby Lake tahun 2017 dan juga untuk yang tertanam prosesor AMD. Update tersebut juga bervariasi untuk jenis chipset. Namun sebagian masih dalam percobaan saat tulisan ini diterbitkan.

Jadi untuk sobat pengguna laptop atau motherboard bermerek ASUS yang ingin mengupdate sistem operasi ke Windows 11 bisa tersenyum. Tinggal tunggu tanggal main update BIOS yang diberikan oleh penyedia. Karena pasti akan banyak yang ingin mencobanya dari tampilan menyerupai Mac.

Menariknya lagi, rumor beredar pada ekosistem Windows 11 mampu menjalankan aplikasi Android dengan mudah tanpa emulator. Teknologi ini tentunya akan mempermudah dukungan dengan perangkat ponsel pintar tersebut. Jadi sepertinya nggak sabar buat mencicipi tampilan Fluid nya Windows generasi ke 11 ini.

Melalui tautan https://www.ASUS.com/microsite/motherboard/ASUS-motherboards-Win11-ready/ , periksalah apakah motherboard komputer ASUS kamu mendukung untuk pembaruan Android 11. Jika belum, berarti masih menunggu untuk kemudian update BIOS motherboard ASUS agar bisa menjalankan Windows yang tampilan menunya menjadi di tengah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *