Kelemahan Temukan Perangkat Saya Di Android

Sobat perlu tahu kelemahan Temukan Perangkat Saya di android yang merupakan fitur untuk mencari ponsel yang hilang. Banyak dari kita yang baru sedikit paham setelah melakukan pencarian di Google terkait fitur Find My Device ini. Banyak juga yang mengira bahwa dengan fitur dari android ini, mereka dapat mengembalikan ponsel yang lupa menaruhnya, hilang atau bahkan dicuri.

Tidak jarang juga banyak orang biasa bertanya ke orang yang sedikit paham tentang ponsel android bertanya tentang pelacakan ponsel. Mereka pasti bertanya bagaimana cara melacak hp yang hilang di sekitar tempat tertentu. Sudah pasti layanan Temukan Perangkat Saya diandalkan untuk mengatasi hal tersebut. Tapi ternyata masih terdapat kelemahan pada fitur android tersebut. Apa sajakah itu? Gookalian akan membahasnya untuk sobat.

Kelemahan Temukan Perangkat Saya Di Android

Find My Device merupakan fitur resmi yang dimiliki ponsel dengan sistem operasi Android. Menggunakan layanan lokasi dan koneksi internet, sobat bisa memantau lokasi terakhir sebuah ponsel. Namun layanan tersebut tidaklah optimal alias masih memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kelemahan Temukan Perangkat Saya di android:

Ponsel Dimatikan Dan Kartu SIM Dilepas Maka Selesai

Sobat tidak akan bisa melacak ponsel lagi melalui fitur di atas apabila ponsel kehabisan baterai atau dalam posisi mati. Karena fungsi GPS dan data seluler juga berhenti beroperasi. Jika perangkat mengaktifkan Find My Device, dicek pada server maka ponsel hanya akan menunjukkan lokasi terakhir sebelum mati.

Jika dalam posisi mati kemudian kartu SIM dilepas, maka ponsel juga tidak bisa mendapatkan koneksi internet. Bahkan ketika hidup dan kartu SIM dilepas juga mendapati hal yang sama. Kontrol akan ponsel benar-benar terlepas jika hal ini terjadi. Belum lagi, banyak merek/ponsel Android yang bisa membuka panel akses cepat ketika terkunci. Dapat dengan mudah ponsel tercuri dimatikan datanya atau lokasinya. Tentunya keamanan yang dimiliki pada ponsel android masih belum optimal.

Terlalu Banyak Informasi Bypass Google

Saat fitur Temukan Perangkat Saya dihidupkan kemudian ponsel dikunci dari jauh. Orang masih bisa melakukan reset ke pengaturan pabrik melalui tombol. Ini akan membersihkan semua yang ada di ponsel, namun untuk sistem operasi Android Terbaru akun Gmail yang masuk masih diperlukan setelah ponsel dihidupkan sebagai sebuah tameng keamanan ponsel bisa dicuri atau digunakan orang lain.

Sayangnya keamanan tersebut terasa seperti percuma saja. Misalkan untuk ponsel Android Lollipop ke bawah. Meskipun ponsel memiliki akun Google kemudian dikunci, ponsel tetap bersih tanpa meninggalkan jejak data. Untuk versi Android diatasnya, akan ada Google FRP (Factory Reset Protection) seperti yang telah disebutkan diatas. Tapi di Google, sobat akan menemukan banyak cara untuk Bypass FRP tersebut. Sungguh disayangkan ponsel yang meminta akun saat dihidupkan tetap bisa dijebol. Karena begitu banyak tutorial beredar di Google menguntungkan pencuri ponsel jika memang FRP muncul.

Baca Juga!  Cara Daftar Akun QQ dengan Email Tencent

Biasanya Find My Device Tidak Dihidupkan Secara Default

Setelan ini ada dan muncul saat pembelian ponsel baru. Banyak sekali kasus ketika menyetel ini, kelemahan Temukan Perangkat Saya di android adalah bisa di skip atau tidak diatur. Sehingga baru pertama kali orang kehilangan ponsel, dan ingin melacaknya. Hal tersebut mustahil dilakukan karena akun Google tidak ditautkan pada ponsel (milik sendiri) atau fitur Find My Device tidak diaktifkan.

Seringkali kalau kita membeli ponsel dari konter kemudian akun Google/Gmail dibuatkan oleh si konter. Tak jarang mereka lupa memberikan catatan akun Google dan kata sandinya. Adapun kalau kita sudah dikasih selembaran kertas berisi informasi akun tersebut, juga tidak jarang hilang. Inilah yang menyebabkan fitur Find My Device tidak maksimal.

Hanya Untuk Menemukan Ponsel Keadaan Prima Yang Tertinggal Saja

Ketika ponsel tertinggal di sebuah tempat dengan kondisi yang optimal yaitu sinyal bagus, gps hidup baterai masih bagus. Maka kelemahan Temukan Perangkat Saya di android bisa diminimalisir. Sobat bisa langsung mencari ponsel tersebut yang memang diam. Akan tetapi, kalau ponsel sudah ditangan orang lain yang memang berniat mencuri maka mereka akan lebih pintar dalam mengakali ponsel agar kondisi Find My Device diatas menjadi tidak optimal.

Itulah berbagai kelemahan Temukan Perangkat Saya di android. Jika sobat menemukan orang baik yang bisa mengembalikan ponsel sobat lewat nomor telepon saat fitur tersebut aktif. Sobat jadi orang beruntung apalagi di negara berkembang kita ini. Karena jika sudah jatuh ke tangan orang yang tidak jujur dan mengambil kesempatan atas ponsel sobat. Sudah pasti sobat harus mengikhlaskannya hilang. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Baca Juga!  Cara Upload File Ke Google Drive Dengan Mudah

Check Also

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri 2

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri

Sim C Wonogiri adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengemudi secara legal di Wonogiri. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *