Keterampilan Sosial Wajib Orang Tua Ajarkan Ke Anak

Keterampilan Sosial Wajib Orang Tua Ajarkan

Apa saja keterampilan sosial wajib orang tua ajarkan ke anak? Gookalian bakal ngasih beberapa infonya.

Karena keterampilan sosial adalah hal utama yang bisa membuat seseorang bisa berkomunikasi sebagai makhluk sosial, ini penting untuk diajarkan pada anak sejak dini. Karena bersosial atau keterampilan sosial adalah sebuah perjalanan pembelajaran yang tidak bisa selesai. Hanya dengan latihan terus menerus dan sejak dini akan menjadi sempurna.

Tentunya mempunyai buah hati yang memiliki jiwa sosial yang tinggi adalah kebanggaan sobat dan seluruh orang tua di dunia. Apa saja yang perlu sobat ajarkan?

Keterampilan Sosial Wajib Orang Tua Ajarkan Pada Anak

Mendengarkan

Anak perlu dipahami bahwa mendengar tidak hanya diam saat orang lain berbicara tapi tahu apa yang orang lain bicarakan. Memberi timbal balik saat orang lain bicara pada kondisi tertentu adalah penting. Ini adalah sebuah awal komunikasi sosial yang sehat.

Ajari bagaimana cara mendengarkan dan menatap orang lain yang sedang menjelaskan sesuatu. Seperti halnya guru yang sedang menerangkan pelajaran perlu mencatat dan memikirkan apa yang diajarkannya sangat penting.

Karena banyak anak-anak sekarang yang lebih fokus pada gadget bahkan saat ada orang lain atau sobat sendiri yang mengajaknya berbicara. Semakin kesini, teknologi membuat kemampuan bersosial dunia nyata berkurang.

Kontak Mata

Sebagai cara untuk menunjukkan rasa hormat pada seseorang, seringkali kontak mata cukup sulit dilakukan bahkan oleh orang dewasa sekalipun. Dengan menatap wajah orang yang ngobrol dengan kita ini adalah sebuah elemen kepercayaan yang menyiratkan banyak makna daripada kata-kata.

Untuk melatih anak memiliki kontak mata yang bagus, sobat bisa mulai mengajarkan permainan tatap muka.

Berbagi

Selain dapat menjadi sebuah cara agar anak dapat menjalin persahabatan yang baik. Ilmu berbagi merupakan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang bahkan sejak kecil. Dengan mengajarkannya berbagi sejak dini, membuatnya menjadi seorang dermawan. Tentunya dengan mengajarkan berbagi tanpa paksaan.

Gerak Tanpa Kata

Komunikasi non verbal seperti lirikan mata, pergeseran tubuh, nada bicara merupakan hal yang perlu dipelajari si kecil sejak dini. Gerak gerik sederhana ini dapat membentuk hubungan positif antar orang tua dan anak. Sobat bisa mengajaknya menonton film Chicken Run, Zootopia dan film sejenis untuk kemudian bertanya apa yang ada pada film tersebut. Gerak gerik tanpa suara ini akan dapat meningkatkan daya rasa anak terhadap sesuatu tanpa perlu mengatakannya.

Menghormati Ruang Pribadi

Mengetuk pintu sebelum masuk ke kamar, tidak sembarangan membaca pesan orang lain, tidak meminjam ponsel attau alat elektronik tanpa seijin pemilik merupakan cara sederhana dalam menjaga ruang privasi dalam kehidupan. Termasuk barang yang merupakan milik orang lain. Jangan lupa untuk membuat aturan-aturan privasi di dalam rumah.  Ajarkan anak untuk mengatre dengan baik dan tidak menyerobot di tempat umum.

Beberapa ketrampilan sosial ini merupakan sebuah cara yang dapat membuat hidupnya lebih enjoy dalam kehidupan bersosial. Seringkali seseorang yang anti sosial saat masih kecil tidak pernah diajarkan hal hal kecil diatas. Karena kehidupan sosial akan dihadapi setiap orang dimasa depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *