Masalah Kesehatan Akibat Kelamaan Duduk

Masalah Kesehatan Akibat Kelamaan Duduk

Agar sobat terhindar dari masalah kesehatan akibat kelamaan duduk, Gookalian sajikan tulisan ini. Kebiasan duduk yang cukup lama seperti sudah menjadi hal yang biasa pada masa pandemi ini. Tidak hanya itu, pekerjaan kantor yang membutuhkan duduk berjam-jam memang harus dilakukan untuk tujuan pekerjaan itu sendiri.

Suatu hal yang berlebihan pasti berdampak tidak bagus, apalagi dalam kesehatan. Durasi duduk yang tidak singkat dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Beberapa diantaranya dapat meningkatkan resiko penyakit tertentu. Apa sajakah itu ?

Masalah Kesehatan Akibat Kelamaan Duduk

Aktifitas di depan meja atau diatas kursi yang tidak diselingi dengan gerak lebih banyak mungkin disebabkan oleh mager. Setidaknya kegiatan bekerja didepan komputer saat ini sudah sampai 10 jam perhari. Terjadi pada anak-anak yang menjalani pembelajaran jarak jauh dan juga orang tua yang bekerja.

1. Peningkatan Risiko Diabetes Dan Obesitas

Alasan mager dan jarang bergerak saat hanya bekerja didepan meja membuat asupan makanan atau kalori tidak terbakar dengan baik. Apalagi saat bekerja sering ngemil yang manis-manis tanpa diimbangi kegiatan fisik. Peningkatan risiko diabetes dapat terjadi.

Berlaku juga untuk kandungan lemak yang tidak dijadikan tenaga karena kegiatan yang cukup sederhana. Hal ini menyebabkan terdapat timbunan lemak yang menyebabkan obesitas.

2. Demensia Karena Duduk Kelamaan

Menurunnya kemampuan menilai dan memori merupakan salah satu gejala demensia. Menurut beberapa jurnal, demensia dapat menyerang pada orang dewasa yang terlalu lama duduk.

3. Masalah Jantung

Sejalan dengan resiko obesitas, kekurangan aktivitas fisik meningkatkan timbunan lemak dalam darah. Lemak dapat menyumbat arteri jantung sehingga resiko penyakit akan meningkat.

4. DVT Atau Penggumpalan Darah Pada Kaki

Penggumpalan darah dapat terjadi pada kaki, muncul akibat dari duduk terlalu lama. Hal ini akan menjadi serius apabila dibiarkan secara terus menerus. Karena bisa pecah dan mengarah ke paru-paru.

Gejala yang cukup menonjol dari Deep Vein Thrombosis seperti nyeri memburuk saat kaki ditekuk, kram dimulai dari betis di malam hari, dan perubahan warna kaki menjadi pucat, merah atau lebih gelap.

5. Masalah Kesehatan Akibat Kelamaan Duduk Dapat Merubah Postur Tubuh

Bentuk tubuh orang yang terlalu lama duduk dapat berubah. Ini akan mempengaruhi berbagai hal seperti terganggunya pola pernafasan. Postur yang lebih membungkuk akan menyebabkan jalan nafas terganggu. Mereka yang lebih membungkuk memiliki nafas yang lebih pendek.

Pada akhirnya, terdapat berbagai gangguan kesehatan disebabkan dari kurang gerak tubuh. Lebih lagi apabila asupan makan terlalu banyak tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang sesuai. Sobat perlu melakukan banyak aktivitas lain setelah bekerja untuk menghasilkan keringat dan membuat tubuh lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *