Mengatasi Suara Laptop Mengecil

Tidak jarang sobat mengalami masalah speaker, mengatasi suara laptop mengecil bisa dilakukan dengan cara paling mudah hingga cukup sulit. Mudahnya dengan melakukan ubahan dalam setelan yang berhubungan dengan speaker. Sampai yang paling sulit adalah perlu mengganti speaker laptop sobat.

Penyebab Suara Laptop Mengecil

Utamanya adalah kerusakan pada speaker karena sudah berumur. Barang elektronik memiliki masa pakai atau life time tersendiri. Hal ini yang menyebabkan suara speaker tidak lagi sebaik performa pada saat beli pertama kali. Umumnya laptop dengan usia di atas 5 tahun akan rentan suaranya menjadi kecil atau sudah tua istilahnya membuat performanya menurun.

Selain itu, semakin sering speaker laptop digunakan apalagi kalau penggunaanya selalu keras. Umur speaker juga akan semakin pendek. Performa akan lebih cepat menurun akibat penggunaan maksimal dalam waktu yang lama. Kalau speaker suaranya mengecil itu masih mendingan, kalau ternyata tiba-tiba mati itu juga merupakan kondisi kerusakan speaker.

Suara mengecil merupakan tanda kerusakan pada speaker akibat umur dan penggunaan. Ada juga yang disebabkan oleh speaker yang kotor dan dibiarkan terus menerus tanpa dibersihkan. Kemungkinan awal akan membuat suara jadi cempreng/ngeprek hingga semakin lama suaranya akan mengecil.

Baca Juga!  Cara Mematikan Superfetch Windows 10 Bikin Cepet

Speaker laptop yang mengecil ditandai dengan suara yang keluar kecil meskipun pengaturan volume sudah dibesarkan. Suara menjadi cempreng, tidak jelas, hingga hanya kresek-kresek saja. Lalu adakah cara untuk mengatasi suara laptop mengecil? Gookalian akan memberikan beberapa caranya.

Cara Mengatasi Suara Laptop Mengecil

Langkah melakukan modifikasi pada pengaturan bisa sobat lakukan. Hingga sampai mengganti perangkat speaker yang ada pada laptop. Berikut ini beberapa solusi atas permasalahan laptop sobat:

Ubah Setelan Ke Loudness Equalizer

  • Klik kanan ikon Speaker yang biasanya ada di Taskbar pojok kanan bawah dekat ikon Wifi
  • Pilih Open Volume Mixer (Untuk di bawah Windows 10: Playback Devices)
  • Klik salah satu Devices (atau klik Kanan – Properties)
  • Tekan pada tab Enhancement
  • Centang Loudness Equalizer
  • Klik Apply lalu OK
cara memperbesar suara laptop windows 10

Cara mengatasi suara laptop mengecil ini akan mengatur sistem agar menghasilkan suara yang paling keras. Dengan menerapkan Equalizer bawaan yang ada. Pada kasus speaker laptop yang memang sudah rusak/berumur. Cara tersebut mampu meningkatkan suara speaker menjadi sedikit lebih keras dari sebelumnya. Bahkan pada beberapa kasus bisa menjadi terasa lebih keras. Cara ini tidak dapat memperbaiki speaker yang sudah rusak dan suaranya mengecil. Hanya sebagai sebuah cara simpel agar suara bisa sedikit lebih keras.

Mengganti Speaker Laptop

Cara paling ampuh dalam mengatasi suara laptop mengecil adalah menggantinya dengan speaker yang lebih baru. Karena perangkat keras tersebut sudah berumur maupun kotor dalam waktu lama tidak dibersihkan berdampak pada suara yang dihasilkan jadi kecil. Gookalian memberikan sedikit tips dibawah ini dalam melakukan penggantian speaker.

Baca Juga!  Panduan Lengkap: Cara Memperbaiki Speaker HP yang Suaranya Kecil

Menggunakan Speaker Hp China

Ternyata kita bisa kok melakukan substitusi speaker laptop dengan speaker dari ponsel. Kelebihan menggunakan speaker aktif dari ponsel China adalah suaranya yang keras. Bahkan lebih keras dari speaker laptop bawaan biasa. Utamanya untuk melakukan penggantian ini kamu perlu melihat beberapa parameter.

Membeli speaker dari ponsel China yang murah bahkan dibawah 50 ribuan. Sobat perlu melihat bentuk speaker laptop, kemudian lakukan kanibal/penggantian. Yaitu dengan mempertahankan rumah speakernya, kemudian khusus speakernya saja diangkat. Diganti dengan speaker dari hp China yang telah dibeli. Membeli speaker hp China tersebut juga gak bisa sembarangan karena harus menyesuaikan bentuk rumah/tempat speaker di laptop.

Ganti Speaker Original Laptop

Langsung saja mencari di toko online dengan kata kunci Speaker “diikuti tipe laptop”. Sobat bisa membelinya dengan harga yang cukup mahal tentunya. Bisa sekitar diatas 300 ribu. Karena speaker bawaan asli laptop biasanya satu paket baik kiri maupun kanan (termasuk dudukannya disana). Namun terjamin apabila sobat membeli yang asli.

Menggunakan Speaker Eksternal

Ini adalah cara yang paling mudah yaitu menggunakan pengganti speaker aktif terpisah. Dengan daya USB dan dicolokkan ke jack laptop, speaker eksternal untuk laptop bisa sobat beli dengan rentang harga dari yang paling murah hingga paling mahal. Karena menggunakan speaker tinggal colok inilah yang bisa membantu sobat menggantikan speaker yang suaranya sudah mengecil.

Itulah tips dari Gookalian untuk mengatasi suara laptop mengecil. Jika sobat tidak bisa mengganti speaker sendiri, disarankan untuk ke tempat servis laptop. Berikan rekomendasi untuk ganti ke speaker hp China atau memang jika tidak bisa. Membeli speaker laptop ori satu paket dengan inden bisa dilakukan. Kalau laptop masih dalam tahap garansi, cara mengatasi suara laptop mengecil bisa kamu bawa ke service center sesuai merek laptop di kota sobat.

Check Also

Cara Membuat Tengkleng Daging Sapi 2

Cara Membuat Tengkleng Daging Sapi Empuk dan Lezat

Tengkleng merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang menggunakan tulang dan daging sapi. Untuk membuat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *