Obat Penghilang Bau Ruangan Alami

Menggunakan obat penghilang bau ruangan alami sobat bisa mendapatkan manfaat yaitu terhindar dari bahan kimia yang mungkin berbahaya untuk kesehatan. Sumber bau dalam rumah bisa muncul dari berbagai hal. Untuk itu dibutuhkan sesuatu untuk menghilangkannya. Selain tumbuhan yang merupakan bahan alami untuk membersihkan udara, dibutuhkan juga deodorant ruangan.

Bau dalam sebuah ruangan berperan penting dalam kebersihan dan kenyamanan orang yang di dalamnya. Apalagi bau lembab, beberapa orang mungkin menggunakan pengharum ruangan tipe semprot. Ada juga yang menyalakan lilin dengan aroma terapi untuk membasmi berbagai bau.

Tapi, tahukah sobat bahawa produk penyegar ruangan mengandung bahan kimia berbahaya ? Setidaknya 20% telah melaporkan adanya gangguan kesehatan dari pengharum ruangan kimiawi (Steinemann, 2017 pada ScienceDirect). Bahan kimia ini berdampak pada kesehatan jangka panjang yang mungkin sebagian diawali dengan alergi.

Penyegar ruangan umumnya berkontribusi terhadap pencemaran udara Indoor. Karena bahan kimia yang dikeluarkan kemudian diserap oleh barang-barang di rumah termasuk tembok, karpet, lemari dan lain sebagainya. Bahan kimia ini kemudian dikeluarkan kembali oleh barang-barang tersebut dan kembali berada di udara bahkan lama setelah penggunaan penyegar. Lalu bagaimanakah solusi untuk obat penghilang bau ruangan alami ?

Minyak Esensial Sebagai Obat Penghilang Bau Ruangan Alami

Minyak esensial merupakan bahan yang mudah diuraikan dan bersifat alami. Banyak juga kandungan dari bahan ini yang bersifat antibakteri, antiseptik, anti jamur dan anti viral yang membantu menyegarkan ruangan sobat.

Baca Juga!  Cara Meringankan Kayuhan Sepeda di Tanjakan

Lavender

Lavender oil merupakan minyak esensial yang berasal dari bunga Lavender (Lavandula angustifolia). Menghasilkan aroma yang merelaksasi dan baik untuk istirahat cocok untuk ruangan tempat tidur atau pakaian. Bahan ini dapat melawan bakteri, virus, dan jamur.

Peppermint

Mint diketahui dapat merevitalisasi dan menstimulasi mood sobat. Jenis pengharum ruangan ini sangat cocok untuk ruangan kerja atau kegiatan belajar. Selain sebagai obat penghilang bau ruangan alami, minyak esensial dari mint memiliki sifat antiseptik. Menjadikannya agen pembersih yang cukup bagus.

Jeruk

Aroma jeruk menyegarkan dan membangkitkan semangat. Sebagai antibakteri dan antiseptik, keduanya dapat berfungsi untuk membersihkan kotoran atau noda pada permukaan yang membandel.

Pohon Teh

Aroma herbal disajikan untuk membebaskan pikiran dari rasa terkekang dan meningkatkan kejernihan mental. Minyak esensial dari pohon teh mengandung sejumlah senyawa antibiotik seperti terpinen-4-ol terbukti mampu membunuh bakteri, virus dan jamur tertentu.

Pengaplikasian Obat Penghilang Bau Ruangan Alami

Setelah mengetahui berbagai minyak esensial alami yang berkhasiat terhadap udara ruangan. Selanjutnya adalah menggunakannya untuk sobat coba sendiri. Diantaranya dengan menggunakan beberapa metode:

1. Semprotan Alami Untuk Ruangan

Membuat semprotan sendiri sebenarnya cukup mudah, jika bahan-bahan dibawah ini sudah sobat miliki:

  • 250 ml air sulingan (destilasi)
  • 1 sendok makan baking soda
  • 3 tetes minyak esensial

Campurkan salah satu jenis minyak esensial yang sobat miliki dengan bahan-bahan tersebut. Masukkan dalam semprotan biasa, atur nozzle atau ujung menjadi sangat halus. Aplikasikan ke ruangan 1-2x dalam satu hari untuk membuat ruangan segar dan udara lebih bersih.

Baca Juga!  Alasan Millennial Mudah Terkena Sindrom Impostor

3. Penyegar Karpet

Karpet merupakan komponen yang sering bau karena lembab. Seringlah dicuci apabila sering digunakan untuk duduk atau berkegiatan juga. Karpet bisa berbau apek, lembab, bau hewan dan merupakan perabot rumah tangga yang menyerap bau. Solusinya adalah membuat semprotan khusus untuk penyegar karpet. Sobat perlu:

  • 1 gelas baking soda
  • 1 sendok makan bubuk kayu manis
  • Wadah pengocok

Cara pengaplikasiannya adalah campurkan bahan pada wadah pengocok, kemudian taburkan ke karpet sobat. Jadi campuran kering ini kemudian didiamkan selama satu jam. Setelah itu, bersihkan dengan penyedot debu/Vacuum hingga bersih. Bau karpet akan menghilang dan berganti seperti Snickerdoodles Cookies yang beraroma khas.

4. Membuat Sendiri Panci Penyegar Udara

Setelah beberapa langkah pembuatan obat penghilang bau ruangan alami, selanjutnya membuat penyegar ruangan. Beberapa bahan dibawah ini akan menyegarkan ruangan dengan bau yang segar:

  • 1 potong jeruk
  • 1 potong lemon
  • 1 daun bay
  • 2 batang kayu manis
  • 4 biji cengkeh utuh

Masukkan semua bahan dalam panci kemudian isi dengan air separuh. Panaskan dengan api kecil. Biarkan aroma keluar dari panci hingga seharian, apabila air berkurang bisa ditambahkan. Aplikasikan sebelum ruangan akan dipakai untuk berkumpul bersama.

Dengan beberapa resep tersebut, sobat bisa tetap menjaga ruangan berbau segar. Tetap menjaga kesehatan penghuninya karena berasal dari bahan-bahan alami. Akhir kata, gunakan obat penghilang bau ruangan alami untuk berbagai kondisi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga!  Tips Bersepeda Agar Nafas Kuat Di Tanjakan

Check Also

top up coin tiktok result

Panduan Lengkap Cara Beli dan Top Up Koin TikTok

TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia, dengan jutaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *