Cara Meringankan Kayuhan Sepeda di Tanjakan

| |

Salah satu alternatif olahraga yang mudah dan murah adalah bersepeda. Agar bersepeda tidak menimbulkan kelelahan yang berlebih, maka dibutuhkan kondisi tubuh yang fit dan teknik bersepeda. Mengatur gigi dan posisi tubuh, menyeting gear dan shock sepeda. Jangan lupa untuk beristirahat ketika merasa lelah saat bersepeda dan membawa cukup minum.

Salah dalam melakukan setting pada gear sepeda akan menyebabkan kerja otot kaki dan paha berlebihan, sehingga cepat menimbulkan kelelahan. Beberapa tips dan trik agar meringankan kayuhan sepeda akan sedikit membantu kalian bagi para penggiat sepeda agar meningkatkan kenyamanan saat bersepeda.

Cara Meringankan Kayuhan Sepeda di Tanjakan

Kondisi tubuh yang fit

Cara Meringankan Kayuhan Sepeda

Sebelum melakukan sepeda, baiknya kita melakukan pemanasan agar aliran darah di tubuh semakin lancar, dan mempersiapkan tubuh untuk melakukan kerja yang lebih berat. Kondisi tubuh yang tidak siap dengan kerja berat akan mempercepat kelelahan dan menimbulkan pusing dan mual.

Jika badan merasa tidak kuat dan cukup lelah, istirahatlah sebentar untuk mengembalikan energi. Aturlah pernafasan untuk memulihkan kondisi tubuh yang kelelahan. Dan kembali melanjutkan bersepeda ketika badan sudah cukup kuat untuk mengayuh lagi.

Posisi tubuh

Posisikan tubuh berdiri atau condongkan ke depan saat melewati tanjakan. Tubuh yang berdiri akan memberikan tenaga lebih dan kemudahan saat mengayuh sepeda. Perhatikan posisi tubuh dan jaga posisi tubuh stabil saat mengayuh di tanjakan.

Atur Gear sepeda

Cara Meringankan Kayuhan Sepeda

Saat melewati tanjakan, aturlah gear kalian ke posisi yang ringan. Untuk gear belakang aturlah ke diameter yang lebih lebar, dan untuk gear depan atur ke diameter yang lebih kecil. Mengatur gear ke posisi yang ringan bertujuan untuk meringankan kayuhan saat melewati tanjakan. Melewati tanjakan membutuhkan tenaga dan konsentrasi ekstra, sehingga mengatur gear sangat berperan penting untuk meringankan kerja tubuh.

Aturlah gear sesuai dengan kondisi tanjakan dan panjangnya lintasan yang menanjak. Semakin curam atau panjang lintasan yang menanjak, direkomendasikan menggunakan settingan gear yang lebih ringan. Namun, dengan meringankan settingan gear, akan menyebabkan ritme mengayuh sepeda meningkat. Jagalah ritme bersepeda agar tidak mudah lelah.

Demikian 3 cara meringankan kayuhan sepeda di tanjakan, semakin sering anda bersepeda, maka kalian semakin mengerti settingan gear untuk setiap lintasan yang akan dilalui. Tidak lupa untuk selalu menjaga kondisi badan ketika akan bersepeda dengan lintasan yang sedikit lebih berat. Mulalilah bersepeda dengan intensitas kecil untuk meningkatkan kondisi tubuh, sehingga tubuh akan lebih siap untuk menjelajahi lintasan sepeda yang lebih sulit.

 

Sebelumnya

Tips Bersepeda Agar Nafas Kuat Di Tanjakan

Tempat Wisata di Thailand yang Ingin Segara Mengunjunginya

Berikut

Tinggalkan komentar