Cara Screen Recording Windows 10 Tanpa Aplikasi

Cara Screen Recording Windows 10 Tanpa Aplikasi

Gookalian.com – Cara merekam layar windows 10 mungkin sedang banyak dicari dengan berbegai alasan tertentu. aktifitas screen recording juga banyak digunakan untuk gamers, blogger, youtuber bahkan guru supaya bisa memberikan tutorial yang bagus dan dapat dibagikan ke banyak orang dengan menarik, tidak melulu dengan tampilan teks dan gambar saja yang terkadang membingungkan orang, rekaman video tutorial atai gameplay sekarang banyak dipilih karena serasa langsung melihat aktifitasnya langsung.

Cara screen recording windows 10 sebenarnya banyak pilihannya, bisa menggunakan software pihak ketiga atau menggunakan aplikasi bawaan yang sudah tersedia dari windows 10 itu sendiri. Windows 10 sekarang banyak digunakan karena beberapa alasan. Alasan utamanya windows 10 merupakan salah satu windows yang masih melakukan update security selain windows 8.1. Windows 7 sudah selesai di awal tahun 2020 lalu, sekarang paling sebentar lagi windows 8.1 bakal di sisihkan oleh microsoft juga, jadi pilihan yang bijak adalah windows 10, walaupun sampai sekarang masih ada beberapa bug yang belum selesai.

Screen recording memiliki banyak fungsi seperti kamu bisa merekam aktifitasmu saat bermain game dan dapat kamu bagikan di sosial media dan youtube, kamu juga bisa membuat tutorial cara mengatasi masalah seperti cara mengatasi windows update otomatis, atau kamu bisa rekam layar saat kamu membuat desain atau edit foto menggunakan aplikasi editing, semua bisa kamu bagikan dan berguna bagi banyak orang.

Enaknya di windows 10 kalian tidak perlu melakukan install software pihak ketiga, karena didalam windows 10 itu sendiri sudah ada aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan aktifitas rekam layar, Apakah aplikasi tersebut! Benar aplikasi tersebut adalah software Xbox yaitu di menu Xbox Game Bar

Xbox Game Bar merupakan software yang terintegrasi dengan windows 10, sehingga kamu dapat melakukan screen recording video dan menangkap layar saat kamu bermain game dengan cepat tentunya.

Cara Screen Recording Windows 10 Menggunakan Xbox Game Bar

Dengan menggunakan Cara Screen Recording Windows 10, kalian lebih bisa menghemat kapasitas hardisk dan lebih cepat tentunya. Cara menggunakanya sebegai berikut

Screen Recording Windows 10

  • Buka Xbox Game bar menggunakan shortcut : windows + G (tekan logo atau icon windows dan tombol huruf G secara bersamaan)
  • Nanti akan muncul notifikasi persegi panjang di bawah dengan tulisan “Do you want to open Game bar?”
  • Klik “Do you want to open Game bar?” lalu akan muncul gambar seperti diatas
  • Gambar diatas menjelaskan kalian bisa mengambil gambar atau screenshot dan rekam gambar
  • Diatas juga sudah ada shortcutnya yaitu shortcut untuk mengambil gambar yaitu : Win+Alt+PrtScn ( Tombol Windows+Alt+Prt Scr) dan untuk rekam layar Win+Alt+R
  • Kalian bisa melakukan setting diddalamnya, mudah kan!

Tambahan :

  • Lalu bagaimana jika kalian tidak bisa melakukan rekam layar menggunakan software tersebut. Ternyata setelah saya telusuri minimal rekomendasi agar bisa melakukan rekam layar ¬†harus mempunyai encoder dibawah ini :
    • Intel Quick Sync H.264
    • NVIDIA NVENC
    • AMD VCE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *