Alasan Memilih Mobil Penggerak Depan

memilih mobil penggerak depan

Gookalian punya beberapa alasan mengapa lebih memilih mobil penggerak depan ketimbang mobil dengan penggerak roda belakang. Pastinya ada alasan tertentu yang bisa sobat lakukan untuk menentukan pilihan pada sebuah mobil.

Mobil dengan penggerak roda depan sudah eksis sejak 40 tahun yang lalu dan sekarang sudah banyak diaplikasikan. Mungkin hampir seluruh mobil Hatchback dengan kesan muda dan kekinian menggunakan penggerak roda ini. Selain keren, apa saja sih alasan untuk memilihnya, Gookalian bakal ngasih rinciannya.

Alasan Memilih Mobil Penggerak Depan

Handling Lebih Enak

Mobil dengan penggerak roda belakang lebih sulit untuk digerakkan pada keadaan tertentu. Contohnya apabila sobat berbelok terlalu cepat maka akan terjadi Understeer atau kehilangan kemudi. Pada mobil FWD (Front Wheel Drive) atau dengan penggerak roda depan akan cukup mudah mengatasi ini dengan memutar kemudi sesuai arah mobil dengan cepat.

Pada mobil RWD (penggerak roda belakang) pada kasus yang sama akan cukup sulit melakukannya. Karena roda belakang sebagai penggerak akan kehilangan traksi dan membuat mobil akan terasa seperti bandulan pada roda depannya.

Di wilayah bersalju, mobil FWD akan lebih mudah dikendalikan. Karena tekanan roda depan sekaligus untuk membelokannya menjadi satu. Handling atau pengemudian akan menjadi mudah terhindar dari tergelincir.

Ruang Lebih Lega

Sobat tengok saja kabin di bagian kaki pada mobil-mobil Hatchback atau LCGC (Low Cost Green Car). Ruang kaku lebih lega dikarenakan tidak ada gundukan di bagian kaki penumpang belakangnya. Ini merupakan keunggulan mobil FWD karena tidak komponen mekanikal penghubung roda belakang.

Kabin yang lebih lega untuk penumpang akan memberikan ruang yang lebih baik untuk kaki. Sobat tidak perlu pusing, barang bisa diletakkan di bagian kaki berpijak. Karena kabin bagian belakang mobil jenis ini cukup datar untuk meletakkan berbagai barang yang cukup panjang.

Memilih Mobil Penggerak Depan Karena Lebih Murah

Sering kita lihat, mobil FWD disematkan pada mobil jenis LCGC atau istilahnya mobil murah ramah lingkungan. Produsen tidak perlu menambahkan berbagai komponen penghubung tambahan dengan roda belakang mobil (gardan). Mesin dan penggeraknya berdekatan dan menyatu membuatnya lebih simpel dan kompak untuk penurunan biaya produksi.

Tidak hanya segi biaya produksi yang membuat mobil FWD cukup menggelitik untuk dimiliki. Tidak adanya komponen mekanik dari mesin untuk menggerakkan roda belakang ini menyebabkan peningkatan efisiensi. Berkurangnya bobot mobil dan komponen penghubung dapat mengurangi Power Lost dari mesin ke roda. Pada akhirnya berbagai pengaturan ini dapat menghemat penggunaan BBM mobil sehingga mengurangi pengeluaran.

Jadi itulah beberapa alasan buat sobat yang ingin membeli mobil dengan penggerak roda depan. Terlepas dari kekurangannya seperti kaki- kaki depan kurang awet kamu masih tetap dapat memperhitungkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *