Cara Mengganti Sandi Akun Google

Untuk sobat yang ingin tahu cara mengganti sandi akun Google, hal ini cukup direkomendasikan dilakukan secara rutin. Karena dapat mempersulit orang lain yang akan melakukan pembajakan atau peretasan. Gookalian kali ini akan memberikan tutorial untuk mengubah password Google dari komputer. Meskipun tutorialnya bisa juga dilakukan di ponsel, menggunakan komputer bisa lebih mudah.

Cara Mengganti Sandi Akun Google

Seringkali bapak-bapak atau ibu-ibu maupun generasi cukup tua yang bisa menikmati adanya akun Google jarang mengganti kata sandinya. Karena memang lupa atau belum mengetahui password yang dibuat sekali pada waktu akun dibuat. Seringnya mereka lupa mencatat kata sandi untuk masuk akun.
Parahnya lagi, akun Google dibuatin sama tukang konter waktu membeli ponsel baru. Tidak dicatat ataupun kalau dicatat, lupa menaruh dan hilang. Tapi ketika akun Google sudah masuk di komputer atau ponsel. Akan sulit untuk mengetahui kata sandi yang sebelumnya ada. Maka dari itu, hanya bisa diganti saja.

1. Mengganti Sandi Akun Yang Sudah Masuk

Berikut ini langkah untuk mengganti kata sandi akun Google sobat, jika akun sudah ada pada:

  • Buka program komputer untuk menjelajah internet/Chrome
  • Kunjungi: https://mail.google.com/mail
  • Kemudian klik gambar bulat pojok kanan atas (akun)
  • Pilih Manage Your Google Account (Kelola Akun Google Anda)
  • Di bagian kiri, pilih Security (Keamanan)
  • Klik pada Password (Kata Sandi)
  • Masukkan kata sandi benar yang terakhir
  • Masukkan kata sandi baru dan juga konfirmasinya dengan kata sandi yang sama
Baca Juga!  Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Cukup mudah dilakukan jika sobat sudah memiliki akun yang hafal sandinya dan juga sudah masuk pada perambah web sendiri. Jadi syaratnya jelas dan memudahkan sobat. Jangan lupa, ketika sandi diubah akan ada notifikasi pesan dari Google. Kode verifikasi harus dimasukkan karena sebagai cara pertahanan dalam sistem.

Jika akun Google belum ditambahkan sebuah nomor ponsel. Mengganti sandi akun tersebut harus dilakukan pada perangkat yang sedang digunakan tersebut. Karena tempat membuat akun Google dan akun bernaung pada tempat tersebut, verifikasi akan cukup mudah dilakukan. Apabila tidak, maka mengganti kata sandi tidak dapat dilakukan. Google akan mencurigai penggantian kata sandi tanpa verifikasi atau perangkat bawaan adalah kegiatan peretasan.

2. Cara Mengganti Sandi Akun Google Dengan Lupa Sandi

Cara ini perlu diperhatikan dengan seksama karena punya persyaratan. Yaitu akun Google telah terhubung dengan nomor hp/ponsel. Kembali lagi karena persyaratan keamanan yang sangat riskan.

Biasanya ketika sobat membuat akun Google baru, disana akan opsi untuk menambahkan nomor ponsel. Jika nomor telepon sudah ditentukan, maka nomor ini akan jadi alat verifikasi dalam mengganti sandi atau hal lain berhubungan dengan akun (login ke device lain misalnya). Kalau nomor tidak ditentukan, perangkat terakhir login atau masuk akan menjadi acuan untuk keamanan. Sehingga ketika akun yang belum dikasih nomor ini masuk ke perangkat lain, akan membutuhkan verifikasi dari perangkat acuan. Jika perangkat acuan ternyata mati, biasanya akun tidak bisa login ke perangkat lain.

Persyaratan yang sudah sobat penuhi diatas akan memudahkan mengganti kata sandi. Yaitu melalui cara lupa sandi. Berikut langkahnya:

  • Kunjungi alamat https://mail.google.com/mail dengan Chrome atau browser lain di komputer sobat
  • Masukkan nama email/akun Google
  • Setelah itu, klik lupa sandi
  • Pilih Coba Cara Lain
  • Masukkan nomor ponsel sobat
  • Tunggu pesan verifikasi berupa kode verifikasi untuk masuk
  • Setelah itu, sobat bisa mengubah/reset sandi sesuai keinginan secara langsung
  • Bisa juga setelah akun terbuka, Kelola Akun untuk mengganti sandinya lewat cara diatas
Baca Juga!  Alasan Membeli Kendaraan Listrik

2 cara mengganti sandi akun Google tersebut mungkin agak sulit dimengerti. Tapi ini demi kebaikan kita semuanya saat melakukannya. Dengan mengerti aturan-aturan dari Google, semuanya tidak hanya akan terasa mudah namun juga aman.

Check Also

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri 2

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri

Sim C Wonogiri adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengemudi secara legal di Wonogiri. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *