Rabu , September 28 2022

20 Cara Meningkatkan Daya Ingat

Dengan cara meningkatkan daya ingat sejak dini, kita tidak akan takut dengan ketakutan di masa tua. Yaitu berkurangnya daya ingat yang serius membuat kita tidak lagi bisa hidup mandiri saat usia senja. Karena memori atau daya ingat terus mengalami penurunan bersama dengan umur, harus ada yang terus kita lakukan untuk mengatasi hal itu terjadi.

20 Cara Meningkatkan Daya Ingat

Berita baiknya, peneliti telah menemukan berbagai hal tentang kapasitas otak yang luar biasa. Otak selalu membuat koneksi neural setiap hari bahkan saat sudah tua. Sifat neuroplastic pada ingatan otak sama halnya seperti plastik. Bukan sesuatu yang rigid namun fleksibel dapat dibentuk seperti apa saja.

Agar sifat neuroplastic dapat dimanfaatkan dengan baik, kita perlu setidaknya 25 tips yang membuat daya ingat sobat terus terjaga dan terus membaik.

1. Belajar Hal Baru

Seperti halnya otot gerak, ingatan akan menjadi lebih kuat kalau terus dilatih. Tapi, otot juga tidak akan bertambah kuat kalau kita mengangkat beban yang sama terus menerus. Artinya terus menambah beban untuk terus meningkatkan massa otot. Kalau ingatan, cara yang sama memperkuatnya dengan terus belajar hal baru. Ini merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kapasitas daya ingat. Berikut ini beberapa langkah melakukan hal baru:

  • Belajar instrumen musik baru
  • Belajar gerakan senam
  • Membuat puisi
  • Bermain catur atau sudoku
  • Belajar bahasa baru
Baca Juga!  Manfaat Jamur Ekor Kalkun Untuk Khasiat Pengobatan

2. Cara Meningkatkan Daya Ingat Melalui Mengingat Dan Mengulangi

Setiap ada informasi baru, otak kita membuat sebuah koneksi. Akan lebih bisa teringat jika sobat mengingatnya secara mental. Dengan mengulangi setiap informasi yang didapat, koneksi dalam neuron akan diperkuat. Contohnya kita mengatakan dengan keras informasi baris kalimat yang kita dapat. Tulis, lalu suarakan dengan keras hingga benar-benar ingat. Lakukan dengan membaca, kemudian menutup tulisan kemudian menulis kembali tanpa melihat kembali ke tulisan. Terus melatih informasi yang didapatkan dari membaca sebuah tulisan akan lebih baik daripada mengulang membaca.

3. Mencoba Metode Akronim, Singkatan, Dan Mnemonik

Mnemonik merupakan sebuah cara mudah mengingat melalui rumusan, ungkapan, menghubungkan kata, ide dan khayalan. Misalkan dalam kimia pelajaran sekolah Kimia SMA, ada barisan senyawa yang harus dihafal. Contohnya Be, Mg, Ca, Sr, Ba yang cukup sulit dihafal menggunakan metode biasa. Gunakan Mnemonik seperti membuatnya mudah dihafal seperti Bebek ManGan CAcing terSRempet BAn. Ini bisa sobat manfaatkan untuk hal lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Membuat Grup Atau Potongan Informasi

Cara meningkatkan daya ingat yang satu ini sama halnya ketika kita menghafal sebuah nomor hp. Contohnya 081-990-775 akan lebih mudah diingat daripada langsung 081990775 dimasukkan dalam ingatan. Ini merupakan metode yang bisa sobat terapkan dalam belajar hal baru maupun mengingat sesuatu

5. Membangun Istana Pikiran

Cara mengingat yang satu ini adalah miliknya para juara mengingat. Mereka membuat sebuah istana dimana setiap sudut di dalamnya adalah informasi yang sobat butuhkan. Ini akan lebih mudah jika sobat punya tempat favorit yang sering dikunjungi, kemudian mengingat setiap detail dari jalan maupun pernak pernik didalamnya. Tentunya diingat menggunakan metode ucapan atau menulis. Selanjutnya tinggal memasukkan berbagai ingatan didalamnya yang sesuai kebutuhan. Cara ini mungkin butuh latihan yang cukup lama, bisa sobat pelajari dari Google.

6. Menggunakan Sense

Warna, bau dan rasa adalah salah satu alat untuk bisa mengingat lebih lama. Tidak hanya menggunakan metode mengingat, namun menambahkan unsur indera lain ke dalamnya.

Baca Juga!  Cara Mencegah Alergi Debu Kambuh

7. Jangan Gunakan Google

Teknologi sebenarnya membuat kita malas, malas untuk mengingat kembali dan juga berpikir kembali. Pembuat mental malas ini seharusnya kamu jauhi terlebih dahulu. Cara meningkatkan daya ingat adalah perbaiki sesuatu atau gunakan daya ingat masa lalu untuk menyelesaikan masalah. Jangan langsung bertanya ke Google atau Siri. Ini akan menguatkan jalan neural dalam otak.

8. Meminimalkan Penggunaan GPS

Terlalu bergantung pada peta dan GPS setiap kali bepergian tidak cukup bagus untuk ingatan. Penelitian oleh Konishi dan Bohbot (2013) menunjukkan bahwa menggunakan GPS untuk navigasi akan menurunkan kemampuan hippocampus. Bagian dari otak yang berfungsi menyimpan informasi ruang dan pergerakan penyimpanan ingatan pendek ke jangka panjang. Kemampuan hippocampus yang menurun berhubungan dengan gejala demensia dan daya ingat kurang.

Gunakan GPS hanya saat pergi ke suatu tempat. Ingatlah perjalanan, rasakan berbagai tanda berbelok menuju kesana. Terakhir, matikan GPS untuk kembali kerumah akan membantu menambah daya ingat sobat.

9. Cara Meningkatkan Daya Ingat Berlaku Jangan Mager

Males gerak bisa membuat daya ingat menurun. Dengan menyibukkan diri dengan jadwal, fungsi kognitif otak akan terus bekerja lebih baik.

10. Tetap Sesuai Jadwal

Menggunakan ceklis untuk tiap kesibukan setiap hari membantu mengingat berbagai hal. Tulis secara manual dalam kertas atau secara digital akan meningkatkan daya ingat tentang apa yang sobat tulis.

11. Makan Lebih Banyak Untuk Nutrisi Daya Ingat

Diet untuk mengurangi hipertensi (https://gookalian.com/mengurangi-kandungan-garam-dalam-tubuh-cegah-hipertensi/) dan neurodegeneratif akan membuat sobat bisa meningkatkan daya ingat serta mencegah penyakit parkinson maupun alzheimer. Makanan tersebut umumnya juga mengandung lemak omega 3 yang berperan penting dalam pembentukan jaringan otak. Berikut ini asupan yang baik:

  • Makanan bersumber tanaman, berwarna hijau, sayuran sehat dan beri
  • Biji-bijian utuh
  • Kacang polong
  • Ayam atau kalkun
  • Minyak zaitun/kelapa
  • Rempah
  • Ikan berlemak seperti salmon dan sarden

12. Hindari Layar Elektronik Sebelum Tidur

Cahaya biru dari pancaran layar tv, hp, dan komputer mengurangi produksi hormon melatonin. Sebagai hormon yang mengontrol siklus tidur-bangun (ritme sirkadian). Tidur yang tidak teratur atau kualitasnya jelek akan membuat otak bekerja lebih keras. Sehingga menyulitkan dalam mengakses memori. Untuk itu, satu jam sebelum tidur setidaknya hindari cahaya layar untuk tidur yang lebih baik.

Baca Juga!  Cara Mengatasi Kesedihan akibat Kematian Orang Terdekat

13. Kurangi Makanan Ini

Beberapa makanan yang perlu dikurangi bahkan bisa dihindari:

  • Gula
  • Makanan olahan kaleng
  • Mentega
  • Daging merah
  • Makanan yang digoreng
  • Garam
  • Keju

Diet tinggi lemak dan gula mempengaruhi hipokampus, bisa terjadi kerusakan (American Psychological Association). Meskipun studi ini masih perlu lebih lanjut diteliti.

14. Hindari Jenis Obat Ini

Pengobatan untuk tinggi kolesterol selalu dikaitkan dengan kehilangan ingatan dan Brain Fog. Beberapa obat tersebut beberapa diantaranya:

  • Antidepresan
  • Obat anti kecemasan
  • Anti hipertensi
  • Obat tidur

15. Olahraga Teratur

Olahraga dengan jadwal rutin tertentu dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Latihan tersebut meningkatkan asupan oksigen dan nutrisi dalam tubuh. Sel baru pada otak akan terbentuk untuk penyimpanan memori. Ini juga akan menambah jumlah sel dalam hipokampus. Yoga juga termasuk di dalamnya.

16. Minum Air Putih Cukup

Otak terbentuk dari air sebagai komponen yang paling banyak. Air berfungsi sebagai shock absorber antara otak dan tulang belakang. Membantu sel otak untuk menyerap nutrisi. Kurang air dapat menyebabkan gejala sulit mengingat dan konsenstrasi.

17. Jaga Stres

Hormon kortisol yang keluar saat stres mempengaruhi proses pada memori. Berdampak pada kemampuan mengingat memori jangka panjang.

18. Bersosialisasi

Mereka yang lebih sering bersosialisasi cenderung punya daya ingat yang lebih bagus. Kegiatan ini mampu mencegah pengurangan daya ingat berdasarkan studi dari Ybarra dkk. (2007) tentang melatih mental melalui bersosialisasi.

19. Minum Kopi Sesuai Porsi

Minum kopi meningkatkan daya ingat dan menurunkan resiko penyakit parkinson maupun alzheimer. Tapi tidak untuk berlebihan karena dapat mengganggu siklus tidur sobat.

20. Menikmati Alam

Pergi keluar menikmati indahnya alam merupakan cara mudah untuk meningkatkan kinerja mengingat. Berhubungan dengan kesehatan emosi dan fisik, mengunjungi objek wisata alam misalnya adalah bagian dari meditasi. Berjalan-jalan di kebun atau taman akan meningkatkan memori dibanding berjalan di kota-kota.

Check Also

Cara Agar Tidak BAB Di Pagi Hari

Cara Agar Tidak BAB Di Pagi Hari

Cara agar tidak BAB di pagi hari sebenarnya akan sulit untuk sobat lakukan, karena hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.