Rabu , September 28 2022

Tips Frugal Living Dan Manfaatnya

Gookalian memiliki banyak tips Frugal Living dan manfaatnya jika sobat menerapkan cara hidup yang sederhana ini. Dibalik kehidupan dunia yang Hedon dengan berbagai fenomena Flexing terus terjadi. Akibat dari hal ini, banyak anak muda yang tidak percaya diri alias merasa insecure. Bahkan merasa tertekan karena kehidupan yang harus serba mewah dan Content-able.

Tapi sobat tidak harus menjalani kehidupan yang super menguras keuangan. Melalui tips Frugal Living dan manfaatnya yang disajikan oleh admin dibawah ini. Jalani hidup dengan cukup dan tidak berlebihan. Berikut penjelasan Frugal Living, tips menjalankan dan manfaat yang akan sobat dapatkan.

Tips Frugal Living Dan Manfaatnya

Seperti yang telah disebutkan diatas, kehidupan di era media sosial sepertinya begitu membuat orang tidak percaya diri. Merasa insecure dengan kebahagiaan yang dilakukan oleh orang-orang. Merasa diri tidak mampu kemudian insecure itu tidaklah cukup. Sobat harus menerapkan gaya hidup Frugal Living yang bakal menyelamatkan hidup.

Frugal Living adalah sebuah gaya hidup yang sadar dalam mengeluarkan uang. Biaya yang dikeluarkan itu harus benar-benar berguna. Konsep Frugal Living kemudian memprioritaskan hal yang penting untuk dibeli hingga meningkatkan kualitas hidup dan nilainya.

Seringkali Frugal Living dianggap dengan istilah pelit ada juga yang mengatakannya yaitu hidup minimalis. Namun hal ini berbeda. Orang pelit akan membeli karena fokus pada harga yang murah. Sedangkan Frugal People fokus pada overall value (nilai keseluruhan). Orang pelit takut untuk membeli sesuatu yang murah, padahal barang tersebut cepat rusak. Berbeda dengan mereka membeli barang yang mahal sesuai dengan keawetan dan kebutuhan.

Baca Juga!  Berkebun Dengan Sayuran Cepat Panen

Jadi, setelah sobat mengetahui istilah ini. Beberapa hal yang bisa diterapkan sebagai tips Frugal Living atau hidup yang berasaskan dengan prioritas kebutuhan:

Beli Barang Yang Dibutuhkan Namun Berkualitas

Misalkan sobat ingin membeli sebuah ponsel. Begitu banyak beredar ponsel dengan rentang harga yang murah sampai yang mahal. Alih-alih membeli yang murah, karena cepat rusak alias cepat ganti. Lebih baik membeli 1 yang mahal namun berkualitas dan tahan lama. Nilai pembelian sebuah produk dilihat dari keseluruhan yang didapatkan sobat. Misal beli ponsel dengan harga 18 juta (iPhone) akan lebih tahan lama dibandingkan membeli Android (5 juta).

Begitupun dengan barang lain, ketika ada harga ada kualitas disana. Mereka yang menjalankan Frugal Living akan membayar kualitas barang sesuai dengan kebutuhan dan bisa digunakan untuk waktu yang lama. Daripada harus membeli yang murah secara berkala karena barangnya cepat rusak/ usang.

Memasak Sendiri Daripada Beli

Perhitungan biaya hidup yang dikeluarkan saat memasak sendiri dengan membeli mungkin hampir jauh. Tukar waktu untuk membeli belanjaan lalu memasak makanan untuk disantap setiap hari. Dengan jumlah yang harus dikeluarkan untuk membeli masakan jadi. Mengatur keuanganmu melalui cara ini akan lebih berhemat untuk hal lain.

Mengejar Diskon

Salah satu tips Frugal Living dan manfaatnya untuk diketahui adalah melihat promo dan diskon yang sering bertebaran. Karena melalui cara ini pengeluaran bisa dihemat seminimal mungkin untuk kuantitas barang yang lebih banyak. Hanya saja, bukan berarti Frugal Living itu terus mengejar diskon, kupon hingga kehidupan yang kikirl maupun sangat pelit.

pengalaman hidup frugal

Menggunakan promo maupun diskon mungkin saja tidak dipilih oleh mereka yang menerapkan Frugal Living. Karena kurang worth it atau bernilai. Hanya saja, salah satu pilihan ini mampu menjadikan hidup lebih sederhana dan secukupnya (lewat harga yang lebih murah).

Berkebun

Ketika kebutuhan akan kehidupan terutama makanan itu adalah penting. Demi menghemat pengeluaran pada konsumsi tersebut, berkebun sangatlah baik. Dengan berkebun, kebutuhan makanan sendiri bisa dipenuhi dari sayuran yang ditanam atau buah-buahan. Model tanam seperti hidroponik juga mampu membuat kehidupan lebih hemat dan produktif. Intinya selagi bisa ditanam sendiri lalu dipanen sendiri, mengurangi biaya seminimal mungkin itu diperlukan.

Mencipta Barang Dengan DIY (Do It Yourself)

Kembali lagi pada tips Frugal Living dan manfaatnya untuk diketahui ada pada pengeluaran secara minimal. Menguras waktu dan tenaga untuk barang yang dibuat sendiri dari bahan yang lebih murah dibandingkan harus membeli. Begitu banyak tutorial Do It Yourself (DIY) tersebar di Youtube. Sobat hanya perlu merencanakan pembuatan barang tersebut dan memilah memilih mana yang paling mungkin untuk dibuat dengan sumber daya yang paling kecil.

Membeli Barang Bekas

Pilihan dalam pembelian barang bekas sebenarnya tidaklah mudah. Seorang Frugal Liver mungkin akan berpikir ratusan kali untuk membeli barang bekas. Karena mereka akan memastikan apakah barang ini benar-benar Worth It To Buy atau tidak. Barang bekas yang diincar tentunya memiliki fungsi yang sama baiknya dengan barang baru.

Mencari barang yang bagus tapi bekas memang sulit. Kembali lagi ke kehidupan yang memprioritaskan pada kualitas dan nilai. Misalkan untuk contoh membeli motor baru 150cc punya harga yang sama dengan motor bekas 250cc. Mereka akan berpikir untuk mencari motor 250cc dengan kilometer rendah dan terawat. Tentunya kualitas juga akan diteliti jauh lebih baik.

Tips Lainnya

Berikut ini tips Frigal Living dan manfaatnya bisa sobat dapatkan melalui cara dibaawh ini:

  • Baju bekas
  • Tidak ganti hp sebelum rusak
  • Hidup di rumah minimalis
  • Olahraga tidak perlu ke GYM
  • Tidak nongkrong
  • Kurangi ngopi kurang jelas
  • Gunakan transportasi umum, jalan atau sepeda
  • Pilih tunai daripada kredit

Manfaat Frugal Living

Manfaat terbesar dari Frugal Living adalah mengurangi pengeluaran, memastikan tagihan terbayar, tidak memiliki hutang, dan bisa menabung untuk masa depan. Kehidupan minimalis ini dapat mengurangi stres akibat dari kehidupan yang terlalu boros sehingga kebutuhan tidak mampu terpenuhi.

Tips Frugal Living dan manfaatnya jika dilakukan yaitu baik untuk lingkungan. Lebih sedikit terobsesi pada barang baru jika barang lama masih berfungsi dengan baik. Lebih sedikit barang maka lebih sedikit polusi udara yang dihasilkan. Lewat cara-cara diatas, sampah bisa lebih diminimalisir tentunya sebagai usaha untuk mencegah bumi dari efek rumah kaca hingga pemanasan global.

Itulah berbagai tips dalam menjalankan kehidupan Frugal Living dan manfaat yang bisa sobat dapatkan. Sobat mungkin bisa menggunakan cara-cara diatas untuk kehidupan yang lebih baik.

Check Also

cara mengeringkan kasur yang terkena ompol

Cara Mengeringkan Kasur Yang Terkena Ompol

Sobat harus mempelajari cara mengeringkan kasur yang terkena ompol, karena dalam kehidupan keluarga kita tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.