Beberapa Tips Penyegaran Kantor Setelah Pandemi

Setelah beberapa waktu Lockdown, sobat perlu memikirkan penyegaran kantor setelah pandemi. Atau jika nantinya kantor harus bersih dari pegawai karena suatu hal. Artikel dari Gookalian ini bisa jadi ide untuk memulai hal baru ketika kantor buka dan bisa beraktifitas kembali.

Ini adalah hal penting untuk merevitalisasi produktivitas di kantor setelah pandemi Covid-19. Karena penyakit mendunia tersebut merubah hampir semua pekerjaan dari konvensional menjadi modern secara signifikan. Pemilik bisnis atau pekerja di kantor membutuhkan cara-cara tertentu agar tetap fokus, termotivasi, dan produktif setelah masuk kantor lagi. Transisi ini merupakan tantangan yang cukup penting agar pekerja sobat kembali ke tempatnya.

Kiat Penyegaran Kantor Setelah Pandemi

Beberapa langkah di bawah ini dapat menjaga kecepatan kerja, meningkatkan retensi karyawan dan moral tim kerja. Perlu diperhatikan sebagai bahan untuk kembali membuat pekerja terbiasa dengan pekerjaan Offline kantor.

Mengeliminasi Gangguan Di Tempat Kerja

Pertama dari semua adalah pakai cara inovatif untuk mencegah hal-hal yang bakal mengganggu produktifitas dalam tempat kerja. Memberikan briefing pada pekerja dalam manajerial ruang dan waktu milik mereka. Untuk dapat fokus dan berkonsentrasi pada jenis pekerjaan yang cukup berat. Sebisa mungkin buat ruang kerja menjadi lebih hening.

Dengan menghindari penggunaan televisi, suara dari jalan raya dan ruangan yang sedang istirahat. Tambahkan dengan aturan berhubungan dengan larangan penggunaan ponsel atau teknologi lainnya yang mengganggu kondisi kerja. Termasuk notifikasi email, penggunaan sosial media dan istirahat yang mengganggu.

Bukan berarti menjadi seorang pemimpin yang kurang santai. Namun hal ini baik juga untuk pekerjaan perusahaan/kantor. Mengeliminasi gangguan bukan berarti sebuah hal yang absolut. Sobat juga bisa menciptakan kondisi fokus yang tetap santai. Tergantung bagaimana berbagai hal dalam kantor berjalan namun tetap mencapai tujuan bersama.

Lebih Terlibat Dalam Tim Dan Memberikan Inspirasi

Sebagai seorang pimpinan, terdapat keahlian wajib yang dimiliki oleh jiwa untuk kesuksesan perusahaan atau tempat kerja. Selanjutnya melihat sebuah langkah inovatif dalam melibatkan diri sebagai seorang Leader dan menginspirasi bawahan. Tempatkan sebuah waktu untuk mengetahui seluk beluk team, mengakui kerja keras mereka dan pada langkah memberikan apresiasi atas kesuksesan mereka.

Sebagai tambahan, tetap membuat mereka update tentang bagaimana cara kerja perusahaan dan berikan mereka kesempatan untuk mengembangkan diri. Dalam waktu yang bersamaan sobat harus mendukung mereka lewat peningkatan kapasitas pegawai, memberi hadiah sebuah otoritas, dan tetap menjaga kerjasama para pegawai sebagai tim.

Sehingga akan sobat dapatkan maksimalnya tingkat retensi karyawan, mengurangi pegawai yang tidak hadir, dan menciptakan loyalitas. Ini akan meningkatkan profit perusahaan, kualitas pekerja, dan pelayanan kepada pelanggan yang lebih baik. Pekerja yang lebih gembira akan menyebabkan pelanggan juga serupa. Cara kedua ini merupakan penting juga peranannya dalam merevitalisasi produktivitas pekerjaan pasca Lockdown karena pandemi.

Gunakan Perangkat Lunak Terbaik Untuk Membantu

Dalam waktu yang bersamaan, mengimplementasikan sebuah perangkat lunak pada perusahaan akan meningkatkan produktivitas. Software ini dapat juga meningkatkan performa karyawan, dan efisiensi pekerjaan. Contohnya aplikasi kalender waktu untuk dapat mengecek kehadiran karyawan. Selain itu lembar waktu pekerja dapat kelihatan, bagaimana mereka berprogres dalam urutan pekerjaan maupun perusahaan. Mendistribusikan, mengoleksi, dan verifikasi lembar waktu pekerja adalah penting dan bisa menggunakan aplikasi yang User-Friendly tersebut.

Penyegaran Kantor Setelah Pandemi Dengan Menciptakan Tempat Kerja Yang Sehat

Selain berbagai faktor yang telah Gookalian sebutkan diatas. Perlu menciptakan lingkungan yang sehat yang membuat pekerjaan menjadi produktif. Diantaranya udara segar dari ventilasi, meja yang diatur nyaman, dan cocok untuk pekerjaan yang berjarak. Mengecek kembali protokol pembersihan kantor, gejala sakit pekerja yang tidak diperbolehkan masuk, dan tim pengukur kesejahteraan.

Dengan menciptakan kondisi yang sehat akan mengurangi tingkat abses. Tentunya berbanding pada jumlah karyawan yang terus masuk. Selain kesehatan lingkungan, kesehatan jasmani para pekerja perlu juga untuk meningkatkan kesehatan mental dan psikologi mereka.

Menambah Frekuensi Rehat Sejenak

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa rehat dalam waktu singkat namun frekuensinya lebih sering akan meningkatkan mood, konsentrasi, dan fokus para pekerja di kantor. Berikan tambahan waktu Breaks setidaknya 5 menit untuk melepas fokus pada pekerjaan. Mereka bisa jalan-jalan, mengecek ponsel, dan minum segelas teh atau kopi. Dan tentunya untuk pengguna layar komputer akan lebih membuat mata rileks. Mencegah kelelahan mata akibat pekerjaan.

Beberapa cara meningkatkan produktivitas yang disebutkan diatas bisa sobat terapkan pada kondisi New Normal atau setelah lama Work From Home (WFH). Keseluruhan manajerial tersebut dapat dimodifikasi sesuai dengan budaya kerja yang ada pada perusahaan sobat.

Check Also

menciptakan tempat kerja yang bahagia.

Menciptakan Tempat Kerja Yang Bahagia Untuk Karyawan

Gookalian – Pekerjaan adalah sebuah bisnis yang serius, tapi bisa juga menciptakan tempat kerja yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *