Rabu , September 28 2022

Manfaat Jeruk Darah Untuk Kesehatan

Sobat bisa mendapatkan manfaat jeruk darah untuk kesehatan, sebuah jeruk yang sedikit aneh karena berwarna merah layaknya darah. Menurut WebMD, warna dari jeruk ini merupakan hasil mutasi natural dari jeruk biasa. Hasilnya, antosianin yang tinggi membuat warnanya merah. Sebelum menyebar ke dunia, jenis jeruk ini dibudidayakan di Italia.

Di dunia sendiri ada lusinan jenis jeruk berwarna seperti darah ini. Rasanya juga bervariasi. Intinya mereka semua mengandung mineral, antioxidan, dan vitamin C. Lalu apa saja manfaat lain dari buah berwarna merah bagian dalamnya ini untuk kesehatan?

Manfaat Jeruk Darah Untuk Kesehatan

Walaupun cukup jarang mendengarnya dan mungkin sebagian dari kita belum melihat secara langsung. Dari namanya yang mungkin agak serem tersebut ada khasiat dibalik warnanya yang unik.

Dapat Menurunkan Berat Badan

Untuk mereka yang ingin diet menurunkan berat badan, jeruk ini bisa dijadikan daftar menu sehari-hari. Jeruk darah mengandung kalori yang lebih sedikit dan juga tinggi serat. Kandungan fiber dicerna lebih lambat dari makanan lain, ini akan membuat perut kenyang lebih lama. Beberapa penelitian menyebutkan buah sejenis sitrus mampu menurunkan berat badan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C yang dikandung dalam jeruk darah memberikan dukungan untuk peningkatan imunitas tubuh. Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu memerangi penyakit dan infeksi. Salah satunya dibuktikan dengan penelitian bahwa tambahan vitamin C dalam asupan sehari-hari dapat menurunkan keparahan infeksi saluran nafas bagian atas.

Antioksidan bervariasi dalam jeruk darah berfungsi untuk menetralisir radikal bebas. Aktivitas antioksidan mampu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Baca Juga!  Bahaya Terlalu Banyak Vitamin D Yang Dikonsumsi

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan fiber yang berfungsi melunakkan feses dapat mencegah konstipasi. Selain itu juga bersifat bagus dalam penyembuhan wasir dan divertikulitis. Fiber dan kandungan vitamin C bekerjasama dalam penyembuhan penyakit tersebut. Menambah fiber dalam asupan makanan sehari-hari juga akan memperbaiki bakteri dalam pencernaan. Akan lebih banyak bakteri baik dalam pencernaan berdampak pada kesehatan organ tersebut dan mengurangi stres.

Merawat Kesehatan Kulit Dan Rambut

Produksi kolagen akan efektif apabila asupan komponen vitamin C cukup. Kolagen berperan dalam memperbaiki jaringan dan tumbuhnya jaringan baru. Salah satunya pertumbuhan rambut, mencegah rambut rontok, dan memberikan nutrisi.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk darah sama halnya jeruk biasa. Bersifat antioksidan tinggi dalam menangkal radikal bebas. Berefek baik untuk kesehatan kulit yang terpapar polusi dan sinar matahari. Mengonsumsinya setiap hari dalam jumlah cukup disarankan untuk pemenuhan kebutuhan dan juga menyehatkan.

Kandungan Untuk Melawan Kanker

Salah satu manfaat jeruk darah untuk kesehatan adalah kandungan antioksidan yang dimilikinya seperti chrysanthemin. Jenis antioksidan inilah yang membuat warna jeruk berbeda yaitu merah kehitaman. Ada sebuah studi yang memberikan gambaran bahwa antioksidan chrysanthemin mampu mencegah penyebaran sel kanker prostat (Sun, dkk. 2017).

Studi lain yang meneliti kandungan antioksidan dalam jeruk ini seperti caffeic, ferulic, coumaric acids memberi efek sebagai anti kanker. Meskipun begitu, beberapa penelitian tersebut masih di dalam laboratorium dan belum diterapkan di manusia. Namun, penelitian terhadap orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak buah berjenis sitrus seperti jeruk darah ini. Menurunkan resiko untuk terkena kanker paru, perut dan mulut.

Menurunkan Resiko Diabetes

Menurut asosiasi diabetes Amerika, jeruk darah mengandung fruktosa seperti halnya jeruk biasanya. Kandungan gula alami ini dapat mencegah kadar gula darah meningkat setelah makan biasa. Maka dari itu, buah jenis ini tidak jarang dijadikan dessert karena enak dan bisa jadi topping dalam es krim.

Baca Juga!  Cara Mudah Mengurangi Konsumsi Gula

Itulah beberapa manfaat jeruk darah untuk kesehatan. Jadikan buah sebagai asupan sehari-hari. Karena kandungan vitamin dan antioksidan juga bakal membuat hari-harimu lebih menyenangkan.

Check Also

Cara Agar Tidak BAB Di Pagi Hari

Cara Agar Tidak BAB Di Pagi Hari

Cara agar tidak BAB di pagi hari sebenarnya akan sulit untuk sobat lakukan, karena hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.