Mengatasi Aplikasi Not Responding Di Windows 10

Aplikasi Not Responding Di Windows 10

Aplikasi Not Responding di Windows 10 adalah sebuah hal yang sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebelum mengenali cara menyelesaikannya, marilah kita pahami dahulu apa saja sih yang menyebabkan ini terjadi.

Sistem operasi yang paling baru dewasa ini yaitu Windows 10 dikembangkan oleh Microsoft. Sudah pasti semakin baru maka akan semakin canggih dan dapat menyesuaikan kebutuhan zaman.

Tentu saja dengan Windows ini, sobat melakukan pekerjaan ataupun mengerjakan tugas dan berbagai kegiatan lainnya. Berhubungan dengan aplikasi, sebelumnya melakukan proses instalasi pada komputer/Laptop. Saat dijalankan, saat baru dibuka atau ketika di tengah-tengah penggunaannya. Apalagi saat komputer sedang digunakan untuk bekerja.

Penyebab Aplikasi Not Responding Di Komputer

Sebelum menyalahkan aplikasi yang tidak mampu berjalan dengan benar. Alangkah baiknya sobat cek dulu beberapa hal dibawah ini, mungkin beberapa diantaranya bisa menjadi salah satu penyebab masalah sobat.

  • Spesifikasi yang dibutuhkan aplikasi tidak sesuai dengan komputer. Pengguna seringkali memaksakan aplikasi yang berat berjalan di komputer kentang. Misalnya aplikasi Corel Draw 2019 yang membutuhkan prosesor minimal Core i3. Tetap bisa dijalankan di prosesor lain di bawahnya, alhasil menjadi sering Not Responding.
  • Serangan virus yang membuat komputer/laptop tidak dapat berjalan semestinya
  • Kerusakan pada Harddisk, apabila banyak bad sector akan membuat loading lebih lama
  • Membuka beberapa aplikasi sekaligus (kegiatan multitasking dapat membuat laptop menjadi lemot)
  • Aplikasi tidak kompatibel dengan Windows 10

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding Di Windows 10

Pada saat aplikasi macet atau tidak merespon kamu perlu menutupnya terlebih dahulu. Melalui aplikasi Task Manager atau dengan menekan tombol CTRL+SHIFT+ESC. Pilih aplikasi dengan rincian Not Responding, lalu tekan End Task.

Sebenarnya ketika aplikasi sudah terlalu lama tidak merespon, secara otomatis Windows akan menutupnya. Perlu menunggu untuk muncul kotak dialog untuk menutup aplikasi.

Untuk mengatasi agar aplikasi macet atau tidak respon sering terjadi ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan dibawah ini.

1. Menyesuaikan Spesifikasi Aplikasi

Sobat perlu mengetahui, untuk prosesor dibawah core i3 dengan RAM 2 GB mungkin hanya mampu untuk kegiatan mengetik atau menonton film saja. Artinya untuk kegiatan Multitasking kalau bisa dihindari. Aplikasi yang diinstal juga harus menyesuaikan spesifikasi komputer sobat.

2. Meningkatkan Performa Komputer Atasi Aplikasi Not Responding Di Windows 10

Dapat dilakukan dengan mengupgrade RAM menjadi lebih tinggi. Bisa juga menambahkan SSD untuk komputer Windows 10 sobat. Paling cocok jika menggunakan SSD, karena pada Windows tersebut suka lemot jika hanya Hardisk biasa.

3. Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Aplikasi tidak dapat berjalan dengan lancar apabila terlalu penuh penyimpanannya. Ruang penyimpanan akan dibutuhkan oleh aplikasi, sisakan ruang beberapa puluh GB sehingga aplikasi ngadat dapat diatasi.

Bisa juga dengan menghapus file tidak penting atau menguninstal aplikasi yang tidak terpakai. Menghapus aplikasi akan memberikan tambahan ruang penyimpanan di laptop/komputer sobat.

4. Meminimalkan Tampilan Windows

Jangan memasang Widget dan aplikasi yang dapat mempercantik tampilan Windows. Ini dapat memperberat kinerja komputer sobat. Pada pengaturan Windows Appearance And Performance pilih saja Best Performance. Semua aktivitas yang membuat tampilan Windows 10 lebih bagus akan dikurangi. Sehingga penggunaan aplikasi lebih lancar.

5. Instal Ulang Komputer

Jika memang virus yang menyebabkan masalah aplikasi ngadat. Sobat bisa bawa laptop ke tukang servis untuk diinstal ulang. Virus yang mengganggu program komputer yang berjalan mungkin sudah terduplikasi pada sistem sehingga sulit dideteksi.

Kegiatan ini akan membuat laptop lebih fresh dan telah kehilangan aplikasi lain yang mengganggu proses pada sistem atau aplikasi yang sobat jalankan.

Itulah beberapa tips dalam mengatasi aplikasi Not Responding pada Komputer dengan Windows 10. Semoga info Gookalian ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *