Baca Informasi Nilai Gizi Bukan Iklannya

informasi nilai gizi

Pernahkan kalian membeli produk makanan atau minuman kemasan? Apakah kalian baca informasi nilai gizi nya? Apakah kalian tertarik karena produk tersebut di iklankan diberbagai tempat?

Baca Informasi Nilai Gizi

Informasi nilai gizi adalah sebuah label berisi tabel atau tulisan pada sebuah kemasan makanan yang memuat informasi kandungan nutrisi makanan tersebut. Di banyak negara sering disebut Nutrition Facts ini berisi informasi detail terkait kandungan gizi seperti lemak, sodium dan lainnya (1). Label ini biasanya menggunakan sistem rating gizi tertentu yang biasanya digunakan untuk tujuan edukasi.

Produk makanan yang dibeli harus memuat label ini. Karena informasi nilai gizi sangat penting untuk individu yang memperhatikan asupan makanan berkaitan dengan kondisi medis. Bagi pemerhati kesehatan, asupan sebuah nutrisi sangat diperhatikan berkaitan dengan kebutuhan tubuh. Dengan membaca informasi nilai gizi, kamu bisa tahu sebenarnya apa sih yang tubuh butuhkan.

Nilai Gizi Berlebihan

Seringkali kita menemukan sebuah produk kemasan yang memiliki nilai gizi lebih yang ditawarkan. Semisal sebuah produk minuman yang mengandung vitamin C tinggi. Minuman berkalsium tinggi, atau makanan yang menawarkan rendah gula maupun lemak. Makanan dan minuman tersebut bagus untuk mereka yang membutuhkan. Vitamin C dapat dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan vitamin ini untuk melawan radang dan radikal bebas (2). Kalsium diolah oleh tubuh untuk memperkuat tulang dan gigi.

Makanan atau minuman yang mengunggulkan sebuah jenis nilai gizi bagi tubuh biasanya merupakan produk yang mengalami berbagai proses, agar jenis vitamin atau gizi terkandung menjadi tinggi. Sebuah produk diolah agar dapat memenuhi beberapa jenis atau bahkan satu jenis vitamin atau gizi saja.

Sebenarnya, semisal sebuah minuman atau makanan kemasan yang unggul pada sebuah jenis gizi saja tersebut sering tidak sesuai dengan apa yang mereka tawarkan. Benar kandungan yang bisa kita dapat, namun kadang-kadang kita tidak memperhatikan kandungan lain yang ada dalam sebuah produk.

Karena iklan yang sebenarnya tidak menipu, namun kurang tepat dalam memberikan deskripsi sebuah produk yang dipasarkan. Jika kita melihat iklan minuman menyajikan vitamin C yang tinggi bahkan sampai 1000 mg jika dilihat kadungan asli sari buah yang mengandung vitamin C hanya 10% saja. Ini hanya sebuah contoh produk.

Kandungan lain yang dimuat dalam sebuah produk, misalnya produk minuman atau makanan yang memiliki nama besar rendah gula. Jika dilihat secara seksama, kandungan lain pada produk tersebut seperti natrium, lemak malah cukup tinggi.

Bagi penderita diabetes, penggunaan produk rendah gula baik, namun apabila sebuah produk tidak dilihat kandungan lain seperti natrium yang tinggi akan membuat masalah kesehatan lain, seperti penyakit darah tinggi atau jantung (3). Begitupun lemak yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Untuk itu, perlu kita ketahui Informasi Nilai Gizi. Sebuah daftar tulisan yang kecil yang bahkan kita akan sangat malas membacanya. Alih-alih hanya melihat kandungan produk yang diunggulkan dalam iklan saja, kandungan lain justru dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Informasi Nilai Gizi akan memberikan gambaran keseluruhan kandungan yang dimiliki sebuah produk. Selain kandungan, disana kita dapat memperhatikan kecukupan sebuah zat bagi tubuh kita. Angka Kebutuhan Gizi tiap orang berbeda, namun hal ini sangat penting untuk mengetahui produk tersebut apakah sudah mencukupi gizi yang kita butuhkan.

Minuman berkarbonasi dengan tag 1000 mg vitamin C sangat perlu diperhatikan. Kandungan tersebut 1000 an % lebih banyak dari yang tubuh kita butuhkan. Sangat cukup untuk membuat ginjal bermasalah (4) apabila dikonsumsi secara tidak benar …

Jadi, baca Informasi Nilai Gizi ya… dibanding hanya iklan nya… Semoga bermanfaat

Pustaka

  1. https://www.fda.gov/food/new-nutrition-facts-label/how-understand-and-use-nutrition-facts-label
  2. https://www.intechopen.com/books/vitamin-c/vitamin-c-an-antioxidant-agent#:~:text=As%20a%20water%20soluble%20molecule,electron%20to%20regain%20their%20stability.
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5179550/
  4. https://www.healthline.com/nutrition/side-effects-of-too-much-vitamin-c#:~:text=High%20vitamin%20C%20intake%20is%20not%20only%20associated%20with%20greater,2%2C000%20mg%20in%20a%20day.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *