Manfaat Mengunyah Permen Karet Untuk Kesehatan

manfaat mengunyah permen karet untuk kesehatan

Apakah sobat sudah tahu manfaat mengunyah permen karet untuk kesehatan? Seringkali kita temukan orang-orang di negara maju mengunyah sesuatu di mulut mereka yang tidak lain adalah permen karet. Bagi yang terbiasa ini sebenarnya cukup mengasyikkan jika sedang menunggu sesuatu. Selain gak bikin bete pas nunggu, ada manfaatnya buat kesehatan juga lho. Gookalian ulas buat sobat.

Manfaat Mengunyah Permen Karet Untuk Kesehatan

Seluruh orang di dunia setidaknya selama ribuan tahun telah mengunyah permen karet dalam berbagai jenis. Permen karet berasal dari getah pohon dan yang modern berasal dari karet sintetis. Substansi kenyal ini didesain untuk dikunyah dan bukan untuk ditelan. Perpaduan antara resin, isi, karet, pelembut merupakan bahan dasar kunyahan ini.

Menurut Healtline, kandungan pada permen karet adalah aman dan bahkan sangat sedikit yang membahayakan dari segi bahan. Selain keamanannya, ada manfaat kesehatan yang bisa sobat dapatkan ketika mengunyah permen yang lentur ini.

1. Menyegarkan Bau Nafas

Selain berkumur dengan obat, kandungan mint dalam permen ini dapat menutupi bau tidak sedap pada mulut. Xylitol akan membantu mengurangi bakteri penyebab bau mulut hingga 75% (Bahador, et.al. 2012. Effect of xylitol on cariogenic and beneficial oral streptococci). Mengunyahnya setelah makan besar dapat merangsang keluarnya saliva dalam mulut. Ini dapat membilas sisa-sisa makanan menjadi bersih dan jauh dari bakteri.

2. Manfaat Mengunyah Permen Karet Untuk Kesehatan Gigi

Memamah permen karet tanpa pemanis buatan dapat menjaga kerusakan gigi. Sama halnya dengan kandungan untuk menyegarkan bau nafas, bakteri berkurang akan menjaga gigi tetap sehat. Selain melindungi gigi, kegiatan ini dapat meningkatkan produksi air liur sehingga menetralkan asam di ruang mulut penyebab penumpukan plak pada gigi.

Banyak kegiatan yang berhubungan dengan mulut dan gigi dapat menyebabkannya lebih kuning. Kandungan khusus untuk membuat gigi lebih putih ada pada permen karet. Dapat dibeli pada toko-toko khusus dengan kerja merangsang air liur dan memutihkan gigi agar berkurang warna kuningnya.

3. Mengurangi Stres

Menurut Journal of CLinical and Translational Research, mengunyah permen kenyal ini dapat mengurangi dampak stres. Sejalan dengan semakin lama mengunyah, maka semakin besar efeknya jika dibandingkan yang tidak.

Mahasiswa yang mengunyah permen karet selama 2 minggu terbukti mengurangi stres dan perasaan tidak enak yang berhubungan dengan tugas (Smith A. & Woods M. 2012). Pada beberapa orang, melakukan hal ini mungkin juga dapat membuat mood hati lebih baik. Karena merujuk pada penurunan tingkat hormon kortisol sebagai penyebab stres dari kegiatan mengunyah yang dilakukan.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Beberapa penelitian menunjukkan, memamah permen karet ketika sedang melakukan tugas tertentu meningkatkan fungsi otak termasuk didalamnya daya ingat, kewaspadaan, hingga pengambilan keputusan serta dalam memahami suatu hal. Mereka yang mengunyah permen ini memiliki kemampuan daya ingat lebih tinggi 36% daripada yang tidak (Wilkinson, et.al. 2002).

Beberapa studi juga menjelaskan, awalnya mengunyah ini cukup mengganggu proses pekerjaan. Namun apabila diteruskan malah membuat mereka tetap fokus. Salah satu teori yang mendukung hal ini adalah aliran darah ke otak yang lebih lancar karena gerakan mengunyah.

5. Menurunkan Berat Badan

Sebenarnya sih tidak secara langsung, namun lewat perantara kandungan dan kebiasaan. Menurut Healthline, rasa manis pada permen karet akan membantu diet yang dilakukan. Gerakan dan kandungan dengan permen tersebut dapat mengurangi perasaan lapar berlebih. Uniknya lagi, studi yang dilakukan oleh Levine dan kawannya (1999) menjelaskan bahwa mereka yang mengunyah permen membakar kalori hingga 19% dibandingkan yang tidak.

Beberapa fakta unik dari berbagai penelitian menunjukkan khasiat mengunyah permen karet dari gerakan yang menyertainya. Namun, paling penting untuk tidak mengonsumsi permen karet dengan kandungan pemanis buatan. Bisa-bisa malah merusak gigi dan menyebabkan gula tidak sehat masuk dalam tubuh. Dan jangan lupa tambahan manfaatnya yaitu:

  • Membantu mencegah infeksi telinga pada anak-anak
  • Membantu berhenti dari rokok
  • Mengobati pencernaan setelah operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *