Kebiasaan Sehat Tingkatkan Mood Sobat

kebiasaan sehat tingkatkan Mood

Mood sering gak stabil ? Gookalian kasih tips kebiasaan sehat tingkatkan Mood yang bisa dilakukan. Kegiatan ini berdasarkan pada penelitian. Apa sajakah kebiasaan tersebut?

Sobat pernah gak merasa grundel/marah karena beberapa hari belakangan tidur kurang nyenyak? Atau pas lagi olahraga seolah-olah merasa kekurangan energi ? Hal ini dirasakan oleh setiap orang. Perasaan yang kurang mengenakkan tersebut salah satunya akibat Mood kurang baik. Jadi kayak gak ada semangat untuk bekerja atau melakukan kegiatan tertentu.

Kebiasaan-Kebiasaan Sehat Tingkatkan Mood

Mood kurang baik salah satunya bisa disebabkan kondisi kesehatan mental yang kurang baik. Beberapa penelitian menunjukkan hal tersebut. Namun kabar baiknya, ada kebiasaan-kebiasaan yang bisa mendorong suasana hati yang lebih baik. Penelitian di Frontiers in Psychology menemukan hubungan antara gaya hidup dengan kesehatan mental. Didalamnya ada kebiasaan-kebiasaan dan sosiodemografi yang menjadi faktor hasil penelitian tersebut (Wickham SR. dkk., 2020. The Big Three Health Behaviors and Mental Health and Well-Being Among Young Adults: A Cross-Sectional Investigation of Sleep, Exercise, and Diet).

1. Berolahraga Dengan Senang Merupakan Kebiasaan Sehat Tingkatkan Mood

Hormon endorfin yang dikeluarkan ketika berolahraga akan mempengaruhi tubuh sobat. Hormon ini akan berdampak pada rasa bahagia baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Hingga memiliki kontribusi terhadap kesehatan mental dan rasa senang.

Partisipan penelitian rata-rata berolahraga 3 kali dalam satu minggu dengan waktu 30 menit bahkan lebih. Dalam penelitian ini, mereka yang melakukan aktivitas lebih banyak akan meningkatkan level rasa bahagia pada diri mereka. Ini bisa dijadikan sebuah contoh dalam kebiasan sehari-hari sobat sehingga akan mendapatkan Mood yang naik setiap saat.

Olahraga yang baik dan sesuai dengan kondisi sobat inilah yang akan mampu meningkatkan Mood. Latihan atau olahraga ini bisa kamu terapkan dengan beberapa kondisi:

  • Lakukan aktivitas atau jenis olahraga yang kamu sukai. Kalau gak suka berlari bisa dengan senam aerobik atau bersepeda
  • Aktivitas bisa undang teman atau keluarga, sehingga bersama-sama akan menambah rasa senang dan ikatan keluarga
  • Pilihlah waktu yang tepat untuk berolahraga, jangan sampai terganggu dengan waktu bekerja
  • Gak cuma berolahraga, bahkan bersih-bersih rumah, bercocok tanam dan bermain dengan anak-anak yang bergerak cukup banyak dan menghasilkan keringat masuk dalam aktivitas berolahraga

2. Kondisi Tidur

Dalam penelitian, mereka yang tidur kurang dari 8 jam memiliki kemungkinan gejala depresi lebih besar. Begitu pula dengan mereka yang terlalu banyak tidur dapat menyebabkan penyakit mental. Intinya, tidur dengan durasi kurang maupun lebih dari 8 jam (yang cukup) berdampak pada perasaan bahagia yang kurang.

Artinya sobat perlu meningkatkan kualitas tidur yang pas untuk mendapatkan rasa bahagia dalam hidup. Berikut ini beberapa tips kebiasaan tidur yang bisa sobat terapkan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik:

  • Waktu tidur yang konsisten pada tiap mulai tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari. Hal ini mungkin sulit dilakukan jika menyesuaikan jadwal waktu bekerja dan lainnya. Jika waktu dan jam tidak bisa sama setidaknya untuk durasinya bisa disamakan.
  • Matikan perangkat ponsel/komputer 30 menit sebelum tidur
  • Tidak minum kopi atau konsumsi kafein sebelum tidur
  • Cuci tangan dan wajah serta sikat gigi sebelum tidur sampai pada peregangan sebelum tidur dapat membuat kebiasaan tidur kamu lebih sehat dan berkualitas

3. Makan Buah Dan Sayuran

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah dan sayur ikut andil sebagai faktor kedua setelah tidur memberikan dampak pada kesehatan mental. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 2 hal ini secara signifikan dapat meningkatkan kebahagiaan.

Tips dalam mengkonsumsi kedua hal ini untuk meningkatkan rasa bahagia antara lain:

  • Menambahkan topping buah untuk makanan sehari-hari yang dikonsumsi. ini akan menyegarkan dan membuat tampilannya lebih cantik meskipun bagi sebagian orang rasanya menjadi tidak karuan jika tidak biasa
  • Makan buah langsung sebagai camilan atau menambahkannya dengan yogurt, selai kacang dan tambahan sejenisnya
  • Sebisa mungkin makan sayuran segar yang dimasak di hari yang sama saat membelinya. Atau bisa dengan sayuran dalam kulkas untuk menjaganya tetap segar beberapa hari
  • Membuat Smoothies dari hasil blenderan buah dan sayur
  • Sayuran dan buah yang disukai maupun tidak akan tetap menyehatkan tubuhmu

Untuk meningkatkan rasa bahagia atau sejahtera dalam hidup salah satunya dari kebiasaan yang sehat. Kebiasaan tidur, makan dan berolahraga sebagai kebutuhan dasar diatas cukup banyak dikaitkan dengan kondisi kesehatan mental. 3 kebiasaan tersebut bisa sobat lakukan dan jaga agar Mood terus maju untuk menghadapi hari yang melelahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *